Minggu, 28 April 2024

Menjelang Petang Listrik di Jawa Timur Berangsur Normal

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Dwi Suryo Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur menyampaikan permohonan maaf atas padamnya listrik yang terjadi di sebagian kota di Jawa Timur sejak Selasa (5/9/2018) siang mengalami padamnya aliran listrik.

Kata Dwi Suryo, padamnya aliran listrik tersebut disebabkan terganggunya jaringan yang mengalirkan listrik dari Paiton ke arah Kediri dan Grati sehingga mengakibatkan pembangkit di Paiton tidak bisa mengalirkan listriknya ke sistem 500 kV (SUTET).

“Gangguan ini terjadi sekitar pukul 11.27 WIB, PLN berupaya untuk melokalisir daerah yang mengalami gangguan sehingga tidak memperburuk kondisi yang terjadi,” kata Dwi Suryo seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Kata Suryo, upaya terus dilakukan dengan menormalkan kembali jalur yang terganggu agar energi listriknya dapat dialirkan kembali. Langkah tersebut terus dilakukan hingga menjelang petang 38 Gardu Induk 150 kV yang ada di Jawa Timur seluruhnya sudah bisa di energized dan secara bertahap.

“Pada jam 5 sore ini sekitar 410 MW sudah bisa disalurkan kembali ke pelanggan. Masih sekitar 500 MW lagi yang masih padam dan menunggu pembangkit yang di Paiton masuk sistem kembali yang pada saat ini masih dalam proses pembebanan kembali,” ujar Dwi Suryo.

Menurut Dwi Suryo, proses penormalannya membutuhkan waktu mengingat karakteristik dari PLTU memang demikian ketika PLTU stop maka membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam agar tidak terjadi thermal stress pada steam turbine.

“Tapi kami optimis malam ini kondisi sistem akan kembali normal dan pelanggan yang mengalami pemadaman berangsur akan menyala,” katanya.

Sementara itu, lewat facebook e100, netter menginformasikan beberapa daerah yang saat ini listriknya masih padam. Diantaranya Jombang, Jember, Probolinggo, Ponorogo, Lumajang, Madiun, Bondowoso, Banyuwangi, Ngawi dan Kediri. (dwi/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs