Kamis, 25 April 2024

Merayakan Ulang Tahun Kaisar Jepang di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Masaki Tani Konsul Jenderal Jepang saat memberikan sambutan di acara ulang tahun Kaisar Jepang Akihito, Kamis (29/11/2018) malam di Ballroom Shangrila Hotel, Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Kaisar Jepang Akihito baru akan berulang tahun pada 23 Desember 2018 mendatang. Namun, kegembiraan banyak pihak sudah terasa sejak Kamis (29/11/2018) malam di Ballroom Shangrila Hotel, Surabaya. Ratusan orang merayakan hari ulang tahun Kaisar Jepang dengan penuh kegembiraan.

Masaki Tani Konsul Jenderal Jepang di Surabaya menyebut, Kaisar Akihito akan berusia 85 tahun pada 23 Desember mendatang. Tak hanya itu, pada Januari 2019 Kaisar Jepang akan memasuki 30 tahun masa kekaisarannya sejak dirinya naik tahta pada 7 Januari 1988 silam.

“Sri Baginda Kaisar Jepang berencana turun tahta pada 30 April 2019 dan pada 1 Mei 2019 putera Mahkota Sri Baginda Kaisar akan dinobatkan menjadi Kaisar,” kata Masaki Tani pada Kamis (29/11/2018) di Ballroom Shangrila Hotel, Surabaya.

Perayaan ulang tahun kaisar Jepang tahun ini juga menjadi momentum baik bagi Jepang karena tahun ini bertepatan dengan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia. Menyambut hal ini, Masaki menyebut, beragam acara meriah telah digelar sepanjang tahun, mulai dari Japan Week, Kanji Cup, hingga Festival Yosakai Surabaya.

Terkait hubungan baik Indonesia-Jepang, ia menyebut, jumlah pembelajar bahasa Jepang di Jawa Timur mencapai angka 900.000 orang. Tak hanya itu, jumlah warga jepang yang tersebar di Jawa Timur berjumlah tak kurang dari 800 orang dengan 150 perusahaan jepang yang berdiri.

Pada perayaan meriah menyambut Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang ini, beragam penampilan dan sajian dipamerkan. Mulai dari Yamaha East Wind Orchestra, paduan suara dari warga jepang yang menyanyikan lagu “Bunga Mawar” dan “Lagu-Lagukai”. Konjen Jepang di Surabaya juga menyajikan nasi kepal khas Jepang “Onigiri” dan beragam makanan khas jepang, serta sake produk asli jepang. (bas/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs