Minggu, 26 Mei 2024

Napi Buta Warna Bikin Lukisan Menkumham dari Limbah Kulit

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lukisan Yasonna H Laoly Menkumham yang terbuat dari limbah kulit warna-warni. Foto: Ditjenpas

Ada yang berbeda di stand Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada APKASI Expo di Tangerang Selatan, Jumat (6/7/2018). Sebuah lukisan sosok Yasonna H Laoly Menkumham dari limbah kulit warna-warni terpajang di pameran itu.

Sri Puguh Budi Utami Dirjen Pemasyarakatan di lokasi pameran mengatakan, lukisan itu dibuat oleh Erik, seorang narapidana buta warna Rutan Cipinang.

“Erik membedakan warna dengan bantuan sesama napi. Potongan limbah kulit warna-warni diberi angka,” katanya sebagaimana keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (6/7/2018).

Untuk membuat lukisan Menteri Laoly, Erik harus menghafal angka yang diletakan pada 263 potongan kulit dengan sepuluh warna berbeda.

Lukisan itu tidak dijual karena akan diserahkan untuk Menkumham, tapi jika ada pesanan dengan ukuran 35×50 cm, dia akan mematoknya dengan dengan harga Rp5 juta.

Selama ini pria yang tersandung kasus narkoba itu menjadi napi binaan bidang kerajinan kulit dan seni di Rutan Cipinang yang bekerja sama dengan Jeerra Foundation.(iss/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
28o
Kurs