Sabtu, 27 April 2024

November, Bulan Tabebuya Bermekaran

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, saat ada Bunga Tabebuya (Tabebuia) yang bermekaran Sabtu (24/11/2018). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Bulan November memang saatnya bunga Tabebuya (Tabebuia) bermekaran. Bila Anda menyusuri jalan-jalan utama Kota Surabaya, mata Anda akan dimanjakan indahnya bunga yang mirip bunga Sakura itu bermekaran.

Keindahan bunga Tabebuya dapat dinikmati hampir di semua kawasan di tepi jalan Kota Surabaya. Mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Wonokromo, Jalan Diponegoro, Jalan Darmo hingga Jalan Pemuda. Bahkan wilayah Surabaya ke arah barat juga mulai bermekaran, misalnya di Jalan Ciliwung hingga Adityawarman dan Mayjend Sungkono.


Bunga Tabebuya yang bermekaran di Jalan Mayjend Sungkono. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya pernah merilis bahwa bunga Tabebuya merupakan bunga asal Brazil yang sudah diadaptasikan sesuai iklim di Indonesia. Sejak tahun 2010, Pemkot Surabaya telah menanam pohon ini dengan aneka jenis warna bunga. Pemkot sendiri membeli bibit bunga Tabebuya langsung dari Malang.

Musim berbunga Tabebuya sampai gugur antara September sampai November. Jenis warna bunganya juga banyak ada warna ungu, putih, pink, merah dan kuning.

Tujuan penaman pohon bunga Tabebuya ini adalah untuk tanaman pelindung, untuk menyerap polusi, dan keindahan kota karena bisa berbunga mirip bunga Sakura. Perawatan tanaman ini juga tidak sulit, yakni cukup disiram dan dipupuk seperti tanaman lainnya. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs