Kamis, 18 April 2024

Nuit des Idees Pertemukan Ide dan Konsep Anak Muda Dunia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya kembali ikut ambil bagian pada Nuit des Idees, atau Malam Ide yang memang digelar secara internasional. Acara ini digagas Kementerian Luar Negeri Prancis.

Malam Ide adalah ajang berkonsep, berbagi dan pertukaran ide, yang diikuti secara serentak oleh peserta, serta oleh penyelenggara dari Prancis dan dari berbagai negara lainnya dibelahan dunia yang ikut memberikan dukungan.

Acara global ini di tahun 2018 kembali digelar di Prancis dan di institusi-institusi dari berbagai negara, yang ikut berpartisipasi. Dengan tema: Kekuatan Imajinasi, pagelaran Nuit des Idees juga diikuti 4 kota jaringan IFI di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Jogjakarta dan Surabaya.

Di kota Surabaya, Malam Ide dijadwalkan bakal digelar pada Kamis (25/1/2018) bertempat dikantor IFI West – SUB Co 2.0 yang berada dikawasan Jl. Darmo Harapan, Surabaya dan terbuka untuk masyarakat umum. Alias gratis.

Di edisi ke 2 kali ini, penyelengara mengundang pelaku dunia kreatif dan seni, yang muda dan berbakat asal Surabaya, komunitas Waft-Lab dan kelompok musik Rasvan Aoki. Kedua bintang tamu itu bakal mengisi pentas talkshow, open lab, dan diakhiri dengan penampilan musik.

Dunia kreatif, dunia seni, yang bergumul dengan gagasan, menarik untuk diketahui. Ide menjadi hal penting untuk dapat dibagi dan diharapkan dapat menginspirasi. Event ini adalah kesempatan melontarkan gagasan-gagasan, berdiskusi, sebuah ajakan mengeksplorasi awal mula gagasan hingga dapat mewujudkannya.

Bagaimana para kreator, para seniman, memperoleh gagasan, memproses, mengekpresikan, mewujudkan, hingga menampilkannya kepada masyarakat, publik dapat bertanya langsung, berdiskusi dan mencoba berkreasi bersama para pelaku dunia kreatif dan seni ini.

Selain talkshow, ada open lab bersama waft-lab, komunitas seniman new media art asal Surabaya, yang berasal dari berbagai disiplin seni. Open lab bersifat interaktif: untuk acara ini, pengunjung dapat ikut serta mengoprek, atau berkreasi memanfaatkan barang elektronik bekas yang disediakan menjadi karya yang memiliki fungsi baru.

Waft-Lab juga akan memaparkan cara mereka berproses dan berkarya serta mengajak Anda ikut berkarya pada open lab. Selain bersama Waft-Lab, publik juga dapat berbincang dengan Rasvan Aoki, grup musik berbakat asal Surabaya yang berencana merilis album mereka pada Maret mendatang.

Rasvan Aoki akan memaparkan bagaimana proses kreatif mereka menulis lagu. Grup musik beraliran reggae bernuansa jazz ini akan menutup acara Malam Ide 2018 tahun ini dengan penampilan musik akustik membawakan karya-karya mereka.

Dijadwalkan saat Malam Ide dihadirkan, akan tersambung secara teleconference dengan sejumlah kota lain di Indonesia dan luar negeri yang ikut berpartisipasi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs