Senin, 6 Mei 2024

PBB Minta Taliban Awasi Gencatan Senjata Terhadap Afghanistan Saat Idul Fitri

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Antonio Guterres Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa. Foto: un.org

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB mendesak Taliban mengawasi gencatan senjata yang dinyatakan oleh pemerintah Afghanistan untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Guterres dalam sebuah pernyataan juga menyeru Taliban memasuki perundingan damai langsung dengan pemerintah Afghanistan. Pemimpin PBB itu menyambut gencatan senjata sepihak yang diumumkan oleh pemerintah Afganistan saat hari raya lebaran.

Dilansir dari Antara, Gueterres mendesak Taliban merespons gencatan senjata dan menerima tawaran perdamaian Presiden Ashraf Ghani demi memulai pembicaraan langsung dalam mengakhiri penderitaan panjang rakyat Afghanistan.

Ghani mengatakan, bahwa gencatan senjata selama sepekan itu akan berlangsung sejak 27 Ramadhan hingga hari kelima Idul Fitri, yang mengindikasi bahwa hal itu dilaksanakan pada 12-19 Juni 2018.

Gencatan senjata ini adalah yang pertama selama Idul Fitri sejak invasi AS pada 2001.

Pasukan AS di Afghanistan menyatakan akan menghormati gencatan senjata ini. Meskipun mereka mendukung keputusan Ghani itu, tetapi tidak dengan organisasi ISIS dan kelompok lainnya. (ant/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs