Jumat, 17 Mei 2024

PENS Expo PKM Wadahi Kreativitas Mahasiswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Wadahi kreativitas serta hasil penelitian mahasiswa, PENS gelar Expo PKM. Foto: Humas PENS

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus mendukung kreativitas mahasiswanya, dan satu diantaranya adalah melalui program Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Dari total 425 proposal yang diunggah mahasiswa PENS pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sekitar 83 judul berhasil lolos verifikasi dan didanai pengerjaannya.

Dan, sebagai tindak lanjut dari pendanaan tersebut, digelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal, menghadirkan reviewer, masing-masing Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Gadjah Mada, Brian Yulianto, S.T., M.Eng., Ph.D., dari Institut Teknologi Bandung, Cokorda Javandira, S.P., M.P., dari Universitas Mahasarawasti Denpasar, dan Dr. Ir. Budi Hariono, M.Si., dari Politeknik Negeri Jember.

Agenda Monev Eksternal kali ini digelar bersamaan dengan Expo Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar di Hall Gedung Pascasarjana PENS, Jumat (20/7/2018).

“PKM termasuk satu diantara program unggulan kami. Sebelum monev eksternal kami persiapkan dengan dua kali monev internal. Expo atau pameran ini untuk menunjukkan realisasi dari pendanaan PKM, sehingga dapat diketahui bahwa dana sesuai peruntukkannya,” terang Anang Budikarso, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PENS Surabaya.

Sedikitnya 41 karya mahasiswa, berupa software maupun hardware dipamerkan pada kegiatan ini.

Satu diantara yang dipamerkan adalah Smart Pot, yang memanfaatkan tanaman sehingga dapat menghasilkan listrik untuk charging telepon genggam, dan untuk Aplikasi Pembelajaran Untuk Penyandang Tunarungu memanfaatkan teknologi augmented reality.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs