Jumat, 26 Februari 2021

PENS Kembangkan PLTS di Gili Genting Sumenep

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perwakilan warga Gili Genting, Sumenep bersama PENS. Foto: Humas PENS

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) hibahkan PLTS untuk Warga desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Pulau Gili Genting, Sumenep Madura, demi hemat biaya untuk penerangan dan pompa air.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan Wisata Pantai Sembilan. Saat itu juga dilakukan penginstalan sollar cell, baterai, solar inverter, lampu LED dan PJU sorot, power meter, set PLTS, dan set monitoring.

“Kami juga menginstal monitoring yang dapat memudahkan memonitor pemakaian PLTS, termasuk jika terdapat kendala. Intinya, kami tetap pantau dari Surabaya,” terang Dr. Anang Tjahjono, Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PENS.

Anang menjelaskan, sejak bulan Nopember lalu tim PENS telah melakukan survei dan memulai pembangunan instalasi sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat.

“Kami mendukung usaha positif Kepala Desa Bringsang. Dengan memanfaatkan sumber alam yang ada, yaitu matahari, kamipun akhirnya menempatkan PLTS tersebut di kawasan wisata Pantai Sembilan,” kata Anang.

Ditemui ditempat berbeda, M. Sutlan Kepala Desa Bringsang mengatakan, PLTS bantuan PENS sangat membantu memenuhi kebutuhan listrik hingga 75 persen.

“Untuk penerangan dan pompa air yang membutuhkan listrik, biayanya cukup tinggi. Desa kami sangat membutuhkan listrik terutama pada malam hari,” ujar M. Sultan.

Dengan adanya PLTS dari PENS, kawasan wisata pantai yang dulunya jarang dilirik orang, saat ini setiap minggu dan hari libur lainnya selalu disesaki pengunjung rata-rata sekitar 50-100 orang. Diharapkan jumlah itu bertambah seiring bertambahnya fasilitas, termasuk penerangan dan air bersih.

Sementara itu, menurut Dr. Zainal Arief ST, MT., Direktur PENS mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu pengembangan potensi wisata di Madura, utamanya di area Pantai Sembilan tersebut.

“Pengabdian masyarakat sebelumnya pernah kami gelar di daerah Gili Labak. Dan saat ini serta kedepan nanti kami akan coba kembangkan kawasan Pantai Sembilan,” tegas Zainal.

Tidak hanya itu, berdasarkan potensi alam di kawasan Pantai Sembilan, PENS akan melakukan pengembangan dan riset untuk pemasangan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin).

“Pantai Sembilan kami jadwalkan akan menjadi satu destinasi wisata edukasi teknologi, yang mampu menambah wawasan bagi putra daerah, dan semoga kerjasama ini juga mampu meningkatkan ekonomi daerah,” tutup Zainal.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Mobil Masuk Sungai di Jemursari

Surabaya
Jumat, 26 Februari 2021
24o
Kurs