Jumat, 19 April 2024

PIA DPR Canangkan Gerakan Menanam 1000 Pohon

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR menggelar Gerakan Menanam 1000 Pohon. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR menggelar Gerakan Menanam 1000 Pohon. Lenny Bambang Soesatyo Ketua PIA DPR mengatakan, program itu sebagai bentuk kepedulian para istri wakil rakyat terhadap lingkungan hidup.

Menurut Lenny, Gerakan Menanam 1000 Pohon yang diluncurkan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (12/2/2018) hanya sebuah awal.

“Ini merupakan bentuk dukungan PIA terhadap gerakan Menanam Satu Juta Pohon yang telah dijalankan oleh pemerintah,” ujar istri Bambang Soesatyo Ketua DPR itu.

Lenny menegaskan, peluncuran Gerakan Menanam 1000 Pohon bukanlah seremoni sebagai formalitas belaka. Sebab, PIA DPR juga akan terus memantau dan merawat bibit pohon yang sudah ditanam.

“Jangan sampai selalu dicanangkan gerakan menanam tanpa kita tahu apakah tanamannya tumbuh dengan baik atau malah mati,” jelas Lenny yang didampingi Grace Fadli Zon dan Ista Agus Hermanto Wakil Ketua PIA DPR.

Sedangkan Lisa Robert Kardinal yang dipercaya sebagai pelaksana kegiatan Gerakan Menanam 1000 Pohon menjelaskan, Kompleks Parlemen Senayan dipilih sebagai lokasi pencanangan program itu karena dianggap sebagai lingkungan terdekat. Selanjutnya, PIA DPR akan menanam di lokasi-lokasi lain.

“Lokasi Ini dipilih dengan pertimbangan merupakan lokasi terdekat. Selanjutnya, beberapa daerah telah ditentukan untuk penanaman berikutnya, yaitu kompleks Rumah Jabatan Anggota DPR Kalibata, Ulu Jami dan lingkungan di sekitar Wisma Griya Kopo,” kata Lisa.

Kata dia, lokasi Ini dipilih dengan pertimbangan merupakan lokasi terdekat. Selanjutnya, beberapa daerah telah ditentukan untuk penanaman berikutnya, yaitu: Kompleks Pejabat DPR – Kalibata, Ulu Jami, dan lingkungan di sekitar Wisma Griya Kopo.

Ketua Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) itu menjelaskan, bibit yang ditanam antara lain jambu, jeruk, durian, lengkeng, matoa, alpukat, rambutan, sawo, kedongdong, zaitun, nangka serta beberapa tanaman keras. Yaitu tanaman yang mempunyai manfaat dalam kurun waktu panjang.

Dia mengharapkan pesan tentang peduli lingkungan yang diusung Gerakan Menanam 1000 Pohon bisa meluas di masyarakat.

“Kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan harus tetap digalakan mengingat beberapa bencana seperti banjir dan longsor diakibatkan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Acara penanaman 1000 Pohon ini juga dihadiri oleh pimpinan DPR seperti Bambang Soesatyo,Agus Hermanto dan Fahri Hamzah. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs