Senin, 29 April 2024

PT KAI Daop 9 Jember Identifikasi Jalur Rawan Bencana Banjir dan Longsor

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Twitter @KAI121

PT KAI Daop 9 Jember telah mengidentifikasi jalur rawan bencana banjir dan longsor jelang musim penghujan. Hal itu disampaikan Lukman Arif Juru Bicara PT KAI Daop 9 Jember.

Daerah yang diidentifikasikan PT KAI Daop 9 Jember menjadi kawasan rawan banjir yakni di sepanjang stasiun Probolinggo, stasiun Jember, dan stasiun Banyuwangi Baru.

Sedangkan untuk jalur yang rawan longsor, disebutkan berada di sepanjang daerah Gunung Gumitir, yaitu mulai dari stasiun Ledokombo Jember, hingga stasiun Kalibaru Banyuwangi. Untuk tanah labil dan amblas berada di kawasan stasiun Jember hingga stasiun Tanggul, stasiun Banyuwangi Baru dan stasiun Pasuruan.

Lukman mengatakan, seperti laporan Ben dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Sabtu (10/11/2018), untuk sepanjang jalur kereta yang tanahnya labil, pihaknya telah memasang portal dan paku bumi.

β€œHal itu bertujuan untuk memperkuat jalur di sepanjang kereta api mengantisipasi amblasnya tanah di rel,” ujar Lukman Arif.

PT KAI Daop 9 Jember juga menyiapkan alat material khusus (amus) pada titik-titik yang diaggap rawan bencana banjir dan tanah longsor. Petugas pengontrol jalur juga disiagakan selama 24 jam untuk memeriksa jalur kereta. (nin/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs