Kamis, 25 April 2024

Pagi Ini, Ribuan Jamaah di Masjid Raden Patah Balongsari Gelar Sholat Idul Adha

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ribuan Umat Islam Masjid Raden Patah, di Jalan Balongsari Tama Surabaya melaksanakan sholat Idul Adha, Selasa (21/8/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Masjid Raden Patah, di Jalan Balongsari Tama Surabaya melaksanakan sholat Idul Adha, Selasa (21/8/2018). Pelaksanaan sholat Idul Adha berlangsung sejak pukul 06.00 WIB dan dipimpin oleh H. M. Munawar M.Ag sebagai imam sekaligus khotib.

Jumlah jamaah yang hadir, diperkirakan ada sekitar 1.000 jamaah yang terlihat memadati masjid. Bukan hanya dari warga setempat, tetapi ada juga warga dari daerah lainnya, seperti Manukan, Lontar dan Benowo Indah. Sebagian jamaah yang tidak dapat tempat di dalam masjid, melaksanakan sholat di luar atau di halaman masjid. Bahkan jalan di sekitaran masjid juga sempat ditutup, untuk tempat sholat bagi jamaah laki-laki.

Marsono Adnan Pembina Masjid Raden Patah mengatakan, sholat Idul Adha yang dilaksanakan lebih awal ini, ditetapkan berdasarkan hasil rapat oleh pengurus Yayasan Raden Patah yang berpatokkan jamaah haji yang saat ini sedang melaksanakan wukuf di Arafah.

Terkait perbedaan jadwal dengan pemerintah yang menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada besok, Rabu (22/8/2018), pihaknya mengaku tidak mempermasalahkan hal itu. Pihaknya berharap, pelaksanaan sholat Idul Adha di manapun, bisa terlaksana dengan lancar dan khusyuk.

“Kami dengan pengurus, telah sepakat bahwa mengikuti jamaah kami yang saat ini sedang wukuf. Sebab realitanya, wukuf sudah terlaksana. Jadi kami melaksanakannya sekarang. Tapi kalau banyak yang mengikuti tanggal (jadwal pemerintah, red), bagi kami tidak apa-apa dan bisa dipakai. Cuma, kami melihat pada kenyataan dan rela merubah jadwal,” kata Marsono, saat ditemui usai sholat Idul Adha, Selasa (21/8/2018).

Adapun kegiatan yang dilakukan hari ini, kata Marsono, hanya sholat Idul Adha saja. Untuk penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan besok, sekitar pukul 08.00 WIB. Dengan jumlah hewan kurban yang sudah terkumpul, yaitu ada 11 ekor sapi dan 9 ekor kambing. (ang/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs