Sabtu, 4 Mei 2024

Pakde Karwo Penasihat KORPRI Provinsi Terbaik di Indonesia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur menerima penghargaan KORPRI Award 2018, Kamis (29/11/2018). Foto: Humas Pemprov Jatim

Soekarwo Gubernur Jawa Timur meraih Penghargaan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Award untuk kategori Penasihat KORPRI Provinsi Terbaik Tahun 2018.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini menjadi gubernur pertama dalam sejarah yang meraih KORPRI Award sejak penghargaan ini digelar pada 2016 lalu.

Joko Widodo Presiden menyerahkan penghargaan ini di Upacara Peringatan HUT ke-47 KORPRI 2018 bertema “KORPRI Melayani, Bekerja, dan Menyatukan Bangsa” di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Pakde Karwo, gubernur kelahiran Madiun itu mengaku bersyukur atas penghargaan yang dia terima. Dia berkomitmen terus membina KORPRI Jatim agar semakin profesional dan mandiri dalam mengelola kegiatannya.

Joko Widodo Presiden mengatakan, penghargaan ini dia harapkan menjadi pelecut semangat seluruh anggota KORPRI, para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar semakin profesional, mengedepankan budi pekerti dan etika sebagai garda terdepan melayani masyarakat.

Presiden, dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, mengajak ASN menjadi motor penggerak pembangunan nasional, khususnya dalam menyongsong era industri 4.0.

“Kita dihadapkan pada perubahan sosial yang besar, KORPRI juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia,” ujarnya.

Pada 2019 mendatang, kata Jokowi, pemerintah mulai menggeser program unggulan dari infrastruktur menjadi penguatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, seluruh sektor dan lapisan masyarakat, serta lingkungan remaja dan usia dini, dia minta agar ditingkatkan secara signifikan.

“ASN harus segera memperkuat dan mempersiapkan diri menjadi agen transformasi penguatan SDM. Yakni, agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan jumlah ASN yang tersebar, transformasi kualitas SDM harus bisa berjalan dan memberikan hasil positif dalam kemajuan bangsa dan negara, dan kemajuan rakyat kita,” katanya.

Selain Pakde Karwo, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan KORPRI Award Kategori Penasehat Korpri Kabupaten/Kota Terbaik 2018 kepada Hidayatullah Sjahid Bupati Kepahiyang, Bengkulu.

Selain itu, kategori Pengurus Provinsi Terbaik 2018 diterima Sekda Provinsi Jawa Tengah, kategori Pengurus Kabupaten/Kota Terbaik 2018 diterima Dewan Pengurus Korpri Kota Bitung, dan Kategori Pengurus Korpri Kementerian Terbaik 2018 diraih Dewan Pengurus Korpri Kementerian UKM.

Upacara yang diikuti 6.000 ASN ini dihadiri pula beberapa Menteri Kabinet Kerja, diantaranya Tjahjo Kumolo Mendagri, Arief Yahya Menteri Pariwisata, Pratikno Mensesneg, Pramono Anung Seskab, Agus Gumiwang Mensos, dan Budi Karya Sumadi Menhub.

Zudan Arif Fakrulloh Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Pusat turut hadir bersama Bima Haria Wibisana Sekjen DP KORPRI Pusat. Selain itu, dalam upacara ini juga tampak hadir Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs