Sabtu, 27 April 2024

Pakde Karwo Tinjau Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Pacitan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jatim saat meninjau lokasi bencana di Pacitan, Minggu (9/12/2018). Foto: Humas Pemprov Jatim

Soekarwo Gubernur Jatim secara langsung mendatangi beberapa wilayah terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan pada Jumat (7/12/2018) lalu.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu bertemu beberapa keluarga korban dan memberikan santunan uang duka.

Dia didampingi Indartato Bupati Pacitan dan Subhan Wahyudiono Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim.

“Kami ikut prihatin dan pemerintah provinsi akan segera melakukan langkah penanganan,” ujar Pakde Karwo saat bertemu dengan keluarga korban di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Minggu (9/12/2019).

Dia juga akan memastikan, Pemprov Jatim juga berjanji akan memberikan bantuan dengan membangun kembali rumah warga terdampak.

Saat berdialog dengan beberapa warga, Pakde Karwo berpesan agar mereka ikut peduli dan mengantisipasi terjadinya bencana di lingkungan dimana mereka tinggal. Apalagi saat ini, kata Pakde Karwo, sudah masuk musim penghujan.

“Saya minta agar warga waspada dengan kejadian-kejadian alam yang ada di sekitar,” kata Pakde Karwo.

Selain itu, agar warga selalu waspada, Pakde Karwo juga berharap agar seluruh warga senantiasa guyub dan rukun. Terutama untuk saling mengingatkan terhadap gejala dan kondisi lingkungan di sekitar mereka.

Terkait dengan bencana banjir dan tanah longsor di empat wilayah, Pakde Karwo meminta agar seluruh warga bisa ikut membantu dan bergotong-royong.

“Gotong-royong itu penting untuk menyelesaikan bencana ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Pakde Karwo memberikan santunan kepada masing-masing keluarga korban sebesar Rp5 juta.
Ada empat korban tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Pacitan. Keempat korban itu di antaranya Bapak Misgiman (62), Ibu Sogirah (72), Ibu Bogiyem (72), dan Ibu Katinem (58), yang semuanya warga Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Subhan Wahyudiono Kepala BPBD Provinsi Jatim mengatakan, keempat korban bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Pacitan seluruhnya ada di satu dusun dari empat dusun yang terdampak banjir dan tanah longsor.

Keempat wilayah itu, di antaranya Dusun Jelok (Desa Kayen), Dusun Wetih (Desa Purwoasri), Dusun Krajan (Desa Simoboyo), serta Dusun Jambu (Desa Sidomulyo).

Empat korban yang tertimbun longsor itu ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Dari kejadian itu, setidaknya ada 236 jiwa yang mengungsi dan dinyatakan sudah kembali ke rumah mereka masing-masing.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs