Minggu, 5 Mei 2024

Para Penunggang Harley Asean akan Ramaikan Pahlawan Tour di Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Para Pengurus Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Surabaya. Foto: Dok/Abidin suarasurabaya.net

Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) akan menggelar Pahlawan Tour ke XII di Surabaya pada 2-3 November 2018. Event Nasional dua tahunan ini, selain dihadiri ribuan bikers juga dihadiri komunitas Harley dari Asean.

Toni Wahyudi Ketua HDCI Surabaya mengatakan, acara ini akan dihadiri 5.000 peserta dari Harley Davidson (HD) dan Club Motor lainya. Acara ini diperkirakan dipadati 15 ribu pengunjung.

“Dari HD secara nasional akan hadir 4000 motor, kemudian HD dari Asean ada 200 motor. Jadi ada temen-temen HD dari Thailand, Brunai Darussalam ,dan Malaysia akan datang ke Surabaya,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor HDCI Surabaya Jl Diponegoro, Senin (29/10/2018).

Yudi mengatakan, acara ini berlangsung selama dua hari. Selain terpusat di Parkir Timur Surabaya Plaza, acara juga digelar di Gedung Negara Grahadi. Pada Jumat 2 November sore, puncak acara penyambutan Peserta Indonesia Rally akan dilakukan oleh HDCI Pusat dan Forkopimda Jatim.

“Gubernur Jatim, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya akan hadir dalam Pahlawan Tour XII ini,” ujarnya.

Yudi mengatakan, acara ini selain sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan, juga untuk menarik wisatawan untuk menambah pendapatan daerah.

Sebab, kata Yudi, pada hari Sabtu 3 November ribuan peserta Pahlawan Tour termasuk yang dari Asean akan dijamu kuliner dan budaya khas Jatim di pelataran Gedung Negara Grahadi.

“Pak Gubernur pada Sabtu pagi itu rencananya akan melepas Indonesia Rally menuju Makam Pahlawan untuk upacara dan tabur bunga. Selanjutnya Indonesia Rally melanjutkan perjalanan yanh finishnya di Aceh,” katanya.

Menurut Yudi, acara yang mengusung tema Ride The Legend ini juga melibatkan komunitas motor selain Harley. Paling tidak ada 60 klub motor yang siap hadir yang beri ruang di Parkir Timur Surabaya Plaza.

“Kami juga memikirkan keamanan dan lalu lintas di Surabaya. Kami koordinasi dengan pihak Kepolisian. Kami usahakan, tidak terlalu banyak motor yang lalu lalang, kami siapkan penjembutan dengan bus dari masing-masing hotel para peserta menginap,” katanya.

Acara selama dua hari ini menurut Yudi sangat posistif untuk mendongkrak pendapatan pariwisata. Sebab, hotel-hotel di Surabaya akan penuh dipakai menginap peserta. Event ini juga bagian dari menjalin persatuan di kalangan komunitas motor (bikers).

“Apapun motornya Indonesia tetap satu. Kami undang para bikers lain untuk gabung di Pahlawan Tour XII. Kami juga mohon maaf kepada warga Surabaya dalam dua hari itu mungkin ada kemacetan,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs