Kamis, 28 Maret 2024

Parade Teater Ajang Silaturahmi Karya Teater Jawa Timur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pementasan Teater Api beberapa waktu lalu. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Pementasan Parade Teater, Kamis (23/8/2018) hingga Sabtu (25/8/2018) merupakan ajang pertemuan insan teater sekaligus silaturahmi serta penampilan karya seniman teater Jawa Timur.

Sukatno Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur (TBJ) menyampaikan bahwa Parade Teater merupakan agenda tahunan yang digelar UPT Taman Budaya Jatim, dengan menghadirkan para seniman teater di Jawa Timur.

Parade Teater, memang agenda kami, yang setiap tahun kami gelar. Melibatkan para seniman teater di Jawa Timur. Mereka bertemu, bersilaturahmi dan mereka juga berusaha menampilkan karya-karya mereka untuk dipentaskan,” terang Sukatno, Rabu (22/8/2018).

Sekurangnya ada 35 lebih naskah teater yang diterima panitia, dan langsung dikurasi Rachmad Giryadi yang bertindak sebagai satu diantara panitia, yang juga pemerhati teater di Jawa Timur.

Dari naskah yang masuk, terpilih 9 naskah yang dikirimkan oleh masing-masing kelompok atau sanggar teater dari beberapa kota di Jawa Timur. “Seleksi dan proses kurasi, mengundang satu diantaranya Rachmad Giryadi dan saya sendiri untuk memilih naskah yang masuk dari beberapa kota di Jawa Timur,” tambah Sukatno.

Diharapkan dari Parade Teater ini, akan lahir karya-karya terbaru sekaligus memunculkan seniman-seniman muda di bidang teater yang mampu membawa Jawa Timur menjadi semakin diperhitungkan di pentas teater nasional.

“Harapan kami begitu. Selain silaturahmi, kami berharap akan lahir seniman muda di teater yang mampu membawa nama harum Jawa Timur. Parade Teater kali ini memilih seniman dari Jombang, Malang, Bangkalan, Sulawesi Tenggara, Pasuruan dan Surabaya,” pungkas Sukatno.

Pementasan yang akan ditempatkan di Gedung Cak Durasim kompleks Taman Budaya Jawa Timur Jl. Gentengkali, Surabaya ini, digelar setiap pukul 19.00 WIB. “Monggo masyarakat hadir untuk mengapresiasi penampilan teater dari beberapa kota ini. Silahkan hadir,” tutup Sukatno.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs