Kamis, 9 Mei 2024

Parade Teater Jadwalkan Undang Kelompok Teater ISI Jogyakarta

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penampilan Teater Api dalam rangka 25 tahun perjalanan kreatifnya di gedung Cak Durasim. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Pementasan Parade Teater yang dijadwalkan mulai digelar Kamis (23/8/2018) malam di gedung Cak Durasim kompleks Taman Budaya Jawa Timur (TBJ), bakal menjadwalkan penampilan kelompok teater ISI Jogyakarta.

“Harapan kami begitu. Kelompok teater Institut Seni Indonesia (ISI) Jogyakarta bisa ikut tampil pada Parade Teater kali ini. Kami sudah melakukan kontak. Tapi ternyata tahun ini masih belum memungkinkan. Kami berharap tahun depan kelompok ini ikut tampil,” terang Sukatno kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur.

Sukatno mengingatkan bahwa kelompok teater ISI Jogyakarta memang punya jam terbang penampilan dan pementasan yang cukup padat. “Paling tidak ini kesempatan bagi seniman teater Jawa timur bisa menimba ilmu dari mereka. Atau paling tidak bisa saling bertukar pengalaman,” tambah Sukatno.

Parade Teater gelaran UPT Taman Budaya Jawa Timur, lanjut Sukatno adalah agenda tahunan yang memang didukung sepenuhnya oleh UPT TBJ dalam rangka meningkatkan apresiasi seniman teater dan kehidupan teater di Jawa Timur.

Penampilan sejumlah kelompok teater dari beberapa kota di Jawa timur, menurut Sukatno memang diharapkan nantinya akan terjadi komunikasi antara para seniman teater, dan dapat memunculkan sebuah kesadaran baru terkait seni teater.

Melalui seleksi naskah yang dikirim masing-masing kelompok teater, pantia memilih 9 naskah yang akan ditampilkan mulai Kamis (23/8/2018) hingga Sabtu (25/8/2018) di gedung Cak Durasim.

Sukatno berharap seniman teater di Jawa timur dapat memanfaatkan sepenuhnya Parade Teater sebagai sarana menampilkan karya-karya terbaru mereka sekaligus bisa menjadi sarana komunikasi.

Parade Teater diharapkan jadi etalase seniman teater menampilkan produksinya. Dan oleh karena itu, naskah yang terpilih merupakan naskah yang sudah pernah dipentaskan, paling tidak 2 tahun terakhir,” pungkas Sukatno.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs