Kamis, 25 April 2024

Pasca Bom, NU Ajak Warga Surabaya Pahami Makna Jihad Melalui Nuzulul Quran

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Perintatan Nuzulul Quran yang digelar PC NU Surabaya di Taman Bungkul Surabaya pada 2017. Foto: Antara

Pengurus Nahdlatul Ulama Kota Surabaya mengajak warga muslim di Kota Pahlawan memahami ayat-ayat Al Quran berkaitan dengan makna jihad dan kasih sayang antarsesama umat manusia.

Seruan jajaran NU Kota Surabaya tersebut disampaikan dalam kaitan Malam Lailatul Qiroah memperingati Nuzulul Quran yang akan digelar di Taman Bungkul Surabaya, Rabu (6/6/2018).

Mudjib Umar Wakil Sekretaris PCNU Kota Surabaya, di Surabaya, Senin (4/6/2018) mengatakan pada acara malam Lailatul Qiroah itu akan menampilkan suara indah para Qori dan Qoriah terbaik Nahdlatul Ulama Surabaya.

“Mereka yang akan membacakan lantunan ayat-ayat jihad dan ayat-ayat cinta,” katanya dilansir Antara.

Menurut dia, acara kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena ada sejumlah pejabat publik akan tambil membacakan saritilawah. Di antaranya Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Dipilihnya tema dan penampilan para pejabat untuk membacakan saritilawah pada acara tersebut, lanjut dia, dilatarbelakangi nuansa batiniyah Kota Surabaya yang baru saja mendapatkan musibah. Ini mengingat beberapa saat yang lalu, Surabaya mengalami serangkaian kejadian peledakan bom dibeberapa tempat agar lebih damai.

“Melalui kegiatan tersebut, kami mencoba mensyiarkan Islam dengan melibatkan para pemimpin Surabaya untuk bersama memberikan pemahaman akan nilai-nilai Islam khusunya tentang jihad dan kasihsayang terhadap sesama melalui lantunan kalam ilahi yang berhubungan dengan hal tersebut, agar Surabaya lebih damai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada peringatan malam Nuzulul Quran yang spesial tersebut rencananya akan dihadiri sekitar 6.000 undangan dari anggota dan pengurus NU, Pengurus Lembaga dan Pengurus Badan Otonom NU Kota Surabaya.

Selain itu, kata dia, acara tersebut juga akan dihadiri Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU yang akan memberikan tausiyah terkait hikmah Ramadhan dan Nuzulul Quran.

“Insya Allah Ketua Umum PBNU akan hadir pada acara tersebut, sejauh ini memberikan kesanggupan untuk hadir,” katanya. (ant/tna/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs