Rabu, 8 Mei 2024

Paskah 2018, Umat Katolik Perbarui Janji Baptis

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ribuan umat Katolik mengikuti perayaan Paskah di Gereja Katedral Surabaya, Jalan Polisi Istimewa, Minggu (1/4/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Ribuan umat Katolik mengikuti perayaan Paskah di Gereja Katedral Surabaya, Jalan Polisi Istimewa, Minggu (1/4/2018). Perayaan Paskah 2018 dilaksanakan 5 kali, yakni pukul 07.15, 09.30, 16.30 dan 18.30 WIB.

Antonius Bambang Soekmo Oetomo Ketua Panitia Paskah Paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya 2018 mengatakan, tema Paskah 2018 ini adalah Persekutuan Murid Kristus yang Selalu Diperbarui dan Semakin Dewasa dalam Iman.

Dalam moment ibadah Paskah kali ini, kata Bambang, ingin mengingatkan kembali pada umat manusia tentang kebangkitan Tuhan Yesus untuk menyelamatkan umat manusia, lewat pembaruan janji baptis.

“Penyelamatan kebangkitan Tuhan Yesus untuk menyelamatkan umat manusia yang percaya kepadaNya. Dalam hal ini, ibadah paskah hari ini, kita ingin sebagai umat Katolik memperbarui janji baptis yang sudah pernah kita terima. Kita mengikrarkan kembali dalam ibadah kali ini. Setelah menerima baptisan dan percaya pada kristus, berarti telah diselamatkan. Dengan cara merubah cara hidup ke depannya untuk lebih baik,” kata dia.

Bambang berharap setelah ibadah Paskah ini, masyarakat bisa berubah, menolak segala perbuatan dosa dan memperbaiki sikapnya menjadi lebih baik. “Karena kita sudah ditebus dengan darah Yesus. Kita harus mensyukuri itu,” tambahnya.

Bambang mengatakan, jumlah peserta pada ibadah Paskah kali ini tidak terlalu banyak dibandingkan pada malam kemarin. Pada malam kemarin, peserta mencapai 4.000 orang. Sementara Minggu (1/4/2018) pagi hari ini hanya sekitar 1.500 hingga 2.500 orang.

“Untuk mengantisipasi membludaknya jemaat yang datang, kami kemarin sudah siapkan tenda di luar gereja dan mengatur parkir,” ujarnya kepada suarasurabaya.net. (ang/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs