Jumat, 19 April 2024

Pelantikan Syahri Mulyo Besok di Jakarta, Pakde Karwo Langsung Tetapkan Plt

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Foto: Denza suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan, dia akan melantik Syahri Mulyo Bupati Tulungagung terpilih di Kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (25/9/2018) siang.

“Untuk Pak Syahri Mulyo besok saya lantik di Depdagri, jam 14.00 WIB. Saya bersurat ke KPK, diizinkan, tapi tidak bisa (pelantikannya,red) di Surabaya. Saya pinjam tempat di Depdagri, di Jakarta,” ujarnya usai pelantikan 12 kepala daerah di Grahadi, Senin (24/9/2018).

Syahri Mulyo Bupati Tulungagung terpilih pada Pemilu 2018 diduga menerima suap proyek perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Tulungagung. Kasus ini ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Syahri saat ini berstatus tersangka dan menjadi tahanan KPK. Karena belum ada status hukum yang inkrah, Syahri tetap dilantik oleh Bupati. Tapi KPK tidak mengizinkan bila pelaksanaannya di Surabaya.

Setelah pelantikan itu, gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo mengatakan, saat itu juga dia akan menetapkan Maryoto Birowo Wakil Bupati Tulungagung sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung.

“Begitu saya lantik, ditandatangani juga (penetapan, red) Plt. saya serahkan kepada Pak Birowo,” ujarnya.

Birowo akan menjadi Plt untuk menjalankan pemerintahan di Kabupaten Tulungagung sampai ada keputusan inkrah dari pengadilan. Bila Syahri ditetapkan tidak bersalah, dia akan kembali memimpin Tulungagung.

“Kalau ada pidana, berarti nanti akan dilakukan pelantikan Wabup menjadi Bupati, wakilnya dikosongkan,” kata Pakde Karwo.(den/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs