Selasa, 16 April 2024

Pemerintah Siapkan Beasiswa Mahasiswa Korban Gempa Sulteng

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sejumlah warga berada di dekat KM Sabuk Nusantara yang terdampar ke darat akibat tsunami di Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (3/11/2018). Foto: Antara.

Pemerintah menyediakan bantuan beasiswa bagi mahasiswa korban gempa, likuifaksi dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bentuk komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Perintah dari bapak Presiden Jokowi saya laksanakan, untuk anak Indonesia harus mengenyam pendidikan tinggi dengan baik, walaupun dalam kondisi yang kurang stabil,” ucap Mohammad Nasir Menteri Riset Tekhnologi Pendidikan Tinggi di Palu, Kamis (8/11/2018).

Pernyataan itu disampaikan Mohammad Nasir kepada wartawan usai memberi kuliah kepada civitas akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Nasir mengatakan, beasiswa itu sedang disiapkan oleh Kementerian Ristekdikti untuk mahasiswa di tiga daerah di Sulawesi Tengah yang terdampak gempa, likuifaksi dan tsunami.

“Semua daerah yang terdampak bencana kami siapkan beasiswa. Untuk Palu kami sedang siapkan bantuan beasiswa,” kata Mohammad Nasir dilansir Antara.

Kemenristekdikti, kata Nasir, telah memberikan bantuan beasiswa kepada 4.000 mahasiswa korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pemberian beasiswa itu untuk meringankan beban mahasiswa terdampak bencana. Hal itu karena mahasiswa korban gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah dinilai sulit untuk mengenyam pendidikan tinggi pascabencana.

“Tidak mungkin pascagempa, tsunami, likuifaksi, kemudian rumah roboh serta keluarganya ada yang meninggal, maka untuk kuliah kembali pasti sangat berat. Maka pemerintah hadir meringankan beban korban,” ucap Nasir. (ant/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs