Jumat, 19 April 2024

Pemerintah Turunkan Tagana, Bangun Dapur Umum untuk Korban Tsunami

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Kementerian Sosial menurunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke daerah terdampak tsunami di Banten dan Lampung serta membangun dapur umum bagi warga yang mengungsi untuk menghindari dampak gelombang tinggi.

“Fokus Kementerian Sosial pada saat ini adalah mengaktifkan sistem penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial, mengerahkan Tagana dan relawan sosial, pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial lainnya, serta advokasi dan layanan dukungan psikososial,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Ia mengatakan tim Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial telah menerjunkan Tagana untuk melakukan evakuasi dan mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman warga yang mengungsi.

“Sementara untuk pengiriman logistik tahap pertama akan dilaksanakan pagi ini setelah koordinaisi dengan Dinas Sosial dan Tagana Provinsi Banten dan Lampung,” ia melanjutkan, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan sesaat setelah bencana Tagana Banten dan Lampung melakukan penyisiran ke lokasi terdampak, dan bahu-membahu melakukan evakuasi bersama personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, sukarelawan dan warga.

Pemerintah akan mengirimkan bantuan dari Gudang Pusat Bekasi ke Dinas Sosial Provinsi Lampung dan Dinas Sosial Provinsi Banten. Bantuan yang akan dikirim meliputi makanan, peralatan evakuasi, peralatan keluarga, sandang dan selimut, dan perlengkapan Tagana. Selain itu pemerintah akan mengirimkan bantuan tenda serbaguna keluarga, tenda gulung, velbed dan kasur untuk warga yang mengungsi.

Tsunami menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandeglang, Lampung Selatan dan Serang, pada Sabtu malam.

Hingga Minggu (23/12/2018) pukul 04.30 WIB, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, tsunami itu telah menyebabkan 20 orang meninggal dunia, 165 orang luka-luka, dua orang hilang dan puluhan bangunan rusak. Jumlah korban kemungkinan masih akan terus bertambah karena pendataan belum menjangkau seluruh daerah terdampak.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs