Kamis, 28 Maret 2024

Pendatang Ilegal Yahudi Menyerbu Kompleks Masjid Al-Aqsha

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kompleks Al Aqsa di Yerusalam, Palestina. Foto: Antara

Sejumlah pemukim Yahudi memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsha di Jerusalem Timur pada Senin (10/12/2018), kata seorang pejabat Palestina.

“Sebanyak 127 pemukim Yahudi memaksa masuk ke kompleks tempat suci umat Muslim itu,” kata Firas Ad-Dibs, Juru Bicara Jerusalem Islamic Waqf.

Dalam satu pernyataan yang dilansir Antara, Jerusalem Islamic Waqf sendiri adalah organisasi yang dikelola oleh Jordania dan bertanggung-jawab untuk mengawasi tempat suci Islam di kota tersebut, di dalam satu pernyataan.

Menurut Jerusalem Islamic Waqf, serbuan para pemukim Yahudi yang dimulai pada 2003 telah memperlihatkan peningkatan tajam tahun pada ini, demikian laporan Kantor Berita Anadolu.

Buat umat Muslim, Al-Aqsha adalah tempat suci ketiga. Sementara itu orang Yahudi merujuk tempat tersebut sebagai “Bukit Knisah”, dan mengklaim itu adalah lokasi dua kuil Yahudi pada masa lalu.

Israel menduduki Jerusalem Timur selama Perang Timur Tengah 1967, tempat Masjid Al-Aqsha berada. Israel mencaplok seluruh kota tersebut pada 1980, dan mengklaimnya sebagai ibu kota negara Yahudi, dalam tindakan yang tak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Jerusalem tetap menjadi inti konflik beberapa dasawarsa di Timur Tengah. Rakyat Palestina berharap Jerusalem Timur pada suatu hari menjadi ibu kota Negara Palestina.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs