Jumat, 29 Maret 2024

Pertegas Eco Campus, Maba Untag Surabaya Ikuti Eco Lifestyle

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa baru Untag Surabaya kegiatan Eco Lifestyle. Foto: Totok suarasurabaya.net

Masih dalam rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Untag Surabaya, Selasa (21/8/2018) gelar Eco Lifestyle. Ditandai dengan penanaman bibit pohon dan pembuatan eco brick.

Dengan program Eco Lifestyle, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, berharap menumbuhkan kesadaran di kalangan mahasiswa baru mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

Program peduli lingkungan ini diikuti sekurangnya 2.963 mahasiswa baru dan kegiatan penghijauan dengan penanaman bibit tanaman dilaksanakan dibeberapa tempat disekitar Kampus Untag Surabaya.

Sebelum melakukan penanaman bibit tanaman, materi tentang lingkungan diberikan perwakilan Eqwip-Hubbs mengenai Eco Lifestyle, juga diberikan konsep belajar experiential learning dan langsung praktek.

Para mahasiswa baru langsung dilibatkan melalukan penanaman pada 7 titik penghijauan kampus, diantaranya: lapangan parkir utara, halaman utama kampus, samping masjid, taman beringin, pojok gezebo Fakultas Hukum, sekeliling lapangan upacara dan taman Fakultas Sastra.

Sedangkan bibit tanaman yang ditanam diantaranya adalah: Sawo Kecik (Manilkara kauki), Lee Kwan Yew (Vernonia creeper), Pucuk Merah (Syzygium oleana), Bakung (Crynum Asiaticum L), dan Anggrek (Orchideceae)

Selain melakukan penanaman bibit tanaman, Untag Surabaya bekerja sama dengan Sahabat Lingkungan, mengajak mahasiswa baru mempraktikkan pembuatan daur ulang sampah plastik menjadi eco brick.

Eco brick diakui di sejumlah negara maju menjadi satu diantara cara menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik yang tidak mudah terurai. Eco brick terbuat dari botol air mineral yang dikumpulkan oleh mahasiswa baru sejak hari pertama pelaksanaan PKKMB.

Selain meminimalisir sampah dari hasil kegiatan PKKMB, Untag Surabaya juga melakukan saving sampah sejumlah sekurangnya 50 kg. Hasil dari program pembuatan eco brick direncanakan akan didonasikan kepada program pencegahan abrasi pantai Gili Ketapang.

Andik Eka Pratama staf Humas Untag Surabaya menyampaikan bahwa sejumlah kegiatan lain dijadwalkan akan diikkuti para mahasiswa baru dalam rangka PKKMB 2018. “Akan ada beberapa kegiatan lain dalam rangkaian PKKMB 2018,” pungkas Andik Eka Pratama.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs