Sabtu, 27 April 2024

Pimpinan KPK Melantik Direktur Penyidikan Baru dari Kepolisian

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Foto: Tiga pejabat baru KPK resmi dilantik, Kamis (20/9/2018), di Kantor KPK, Jakarta Selatan. Dari kiri ke kanan; Eko Marjono Direktur Monitor, Arif Waluyo Kabiro Perencanaan dan Keuangan, Panca Putra Simanjuntak Direktur Penyidikan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (20/9/2018), menggelar upacara pelantikan tiga orang pejabat setingkat direktur, di Kantor KPK, Jakarta Selatan.

Mereka yang dilantik adalah, Eko Marjono Direktur Monitor, Arif Waluyo Kabiro Perencanaan dan Keuangan, serta Panca Putra Simanjuntak sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Pelantikan dipimpin Agus Rahardjo Ketua KPK, dihadiri Wakil Ketua KPK, jajaran pejabat KPK dan Polri, antara lain Firli Deputi Penindakan, dan juga Komisaris Jenderal (Polisi) Arief Sulistyanto Kabareskrim Polri.

Usai prosesi pengambilan sumpah jabatan, Agus Rahardjo Ketua KPK menyampaikan akan menetapkan target kinerja kepada tiga orang pejabat yang baru dilantik.

Selain itu, Agus juga berharap dengan adanya Direktur Penyidikan baru, KPK bisa bekerja lebih baik lagi, dan menyelesaikan kasus-kasus besar yang selama ini tertunda.

“Saya mengharapkan khusus untuk jabatan yang dilantik, kami (Pimpinan KPK) akan segera mengeluarkan target yang harus dicapai. Oleh karena itu, saya mengharapkan kita bisa menyelesaikan kasus-kasus besar yang masih tertunda,” ujarnya di Gedung Penunjang KPK, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

Masuknya Komisaris Besar Polisi Panca Putra Simanjuntak ke institusi antirasuah, menggantikan posisi Brigadir Jenderal Polisi Aris Budiman yang sudah selesai masa tugasnya.

Sebelumnya, Kombes Panca pernah menjabat Dosen Utama Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK Lemdikpol), dan Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Sekadar diketahui, bulan Agustus lalu, Pimpinan KPK menuntaskan rangkaian proses seleksi yang diikuti lima calon Direktur Penyidikan.

Selain Panca, ada Komisaris Besar Arief Adiharsa Kepala Subdirektorat I Tindak Pidana Korupsi Bareskrim, Komisaris Besar Yudhiawan Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim, Yudi Kristiana mantan Jaksa Penuntut Umum KPK periode 2011-2015, dan Budi Sukmo penyidik dari internal KPK. (rid/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs