Kamis, 7 Juli 2022

Polisi Masih Selidiki Penemuan KIP dalam Karung

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Barang bukti Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang ditemukan warga di Sukolilo. Foto: Istimewa.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) di dalam karung yang ditemukan warga di kios laundry kawasan Sukolilo, Surabaya berjumlah 643 kartu. Ratusan kartu itu peruntukannya untuk warga di dua kelurahan, yakni Kelurahan Gebang dan Keluarahan Keputih Kecamatan Sukolilo.

Kombes Pol Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Sebanyak empat orang telah dimintai keterangan dan hari ini akan bertambah yakni dari Dinas Sosial atau bahkan Kementerian terkait.

“Kami terus dalami apa yang menjadi latar belakang sehingga Kartu Indonesia Pintar bisa ditemukan di tempat yang tidak semestinya dalam jumlah yang cukup besar,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (21/3/2018).

Rudi masih mendalami apakah tindakan tersebut terdapat unsur pidananya. Saat ini pihaknya masih mendalami runtutan peristiwanya sehingga karung ini bisa berada di laundry.

“Dari keterangan saksi sementara, barang ini sudah berada di laundry itu satu tahun terakhir,” katanya.

Terkait kartu yang menjadi program pemerintahan Joko Widodo Presiden ini asli apa palsu, polisi masih terus mencari klarifikasi dari pihak yang menerbitkan dan bagaimana alur distribusinya.

Sekadar diketahui, sebuah karung berisi ratusan Kartu Indonesia Pintar (KIP), ditemukan tergeletak di kios laundry, yang berada di Kawasan Sukolilo, Surabaya. Kardi (43) warga Nginden Jangkungan mengatakan ratusan KIP itu, ia temukan saat sedang membersihkan kios laundry milik ibunya, pada Senin (19/3/2018), sekitar pukul 15.00 WIB. (bid)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
30o
Kurs