Sabtu, 4 Mei 2024

Polisi Tangkap Tiga Karyawan Pembobol Ruko

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Tiga pelaku pembobolan sebuah ruko di kawasan Darmo Park, Surabaya. Foto: Istimewa

Tim Anti Bandit Polrestabes Surabaya berhasil menangkap tiga pelaku pembobolan sebuah ruko di kawasan Darmo Park, Surabaya. Ketiga pelaku itu, di antaranya berinsial NN (20), ALD (19), dan SM (20), yang tak lain adalah pegawai di ruko tersebut.

Iptu Bima Sakti Kanit Resmob Polrestabes Surabaya mengatakan, dengan barang bukti CCTV milik ruko, petugas dengan cepat menangkap para pelaku. Ketiga pelaku itu berhasil diamankan dalam kurun waktu kurang dari seminggu, setelah kejadian.

Pelaku merupakan karyawan di ruko tersebut, yang telah bekerja selama 1 tahun. Modusnya, mereka memanfaatkan kunci ganda dan mengambil barang-barang dagangan berupa elektronik, yang ada di dalam ruko.

“Dari hasil penyelidikan, total ada lima pelaku. Tapi kami baru mengamankan tiga pelaku. Sedangkan untuk dua lainnya, masih dalam pengejaran dan sudah dapatkan identitasnya. Mereka pakai kunci ganda. Polisi tidak menemukan kerusakan sama sekali di TKP,” kata Bima, Jumat (28/9/2018).

Polisi juga melakukan penggeledahan di rumah pelaku dan menemukan barang-barang elektronik hasil curian. Bima mengatakan, barang tersebut masih dalam kondisi utuh dan belum dijual.

Dari pengakuannya, para pelaku telah melakukan aksinya sebanyak 2 kali. Namun, polisi menduga pelaku telah melakukan pencurian lebih dari yang diakuinya.

“Barang-barang ini belum ada yang dijual dan masih disimpan di rumahnya. Karena belum ada pembelinya. Mereka juga pakai mobil untuk mengangkutnya dan mobilnya milik tetangganya sendiri,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, seperti kipas angin, DVD, TV, setrika, magic com, handphone, rekaman CCTV dan masih banyak lagi. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian hingga Rp45 juta.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat Pasal 364 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan. Dengan ancaman hukuman pidana 7 tahun penjara. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs