Jumat, 29 Maret 2024

Prajurit Artileri Korps Marinir TNI AL dan USMC Latihan Bersama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prajurit Marinir dua negara latihan bersama pada Rimpac 2018 di Hawaii, Amerika Serikat. Foto: Dispen Kormar

Prajurit Artileri Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Latma Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) 2018 latihan bersama prajurit Artileri USMC di Marine Corps Base Hawaii (MCBH), Amerika Serikat.

Kegiatan yang dipimpin Kapten Marinir Yeyen Tuhardi merupakan rangkaian latihan bersama (Latma) Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) tahun 2018.

Latma Rimpac merupakan kegiatan rutin latihan bersama Angkatan Laut negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Dalam Rimpac 2018 Korps Marinir Indonesia mengirimkan 217 prajurit terbaiknya untuk mempertajam dan mengasah kemampuan serta menambah pengalaman dalam menjalankan tugas di luar negeri termasuk prajurit Artileri Korps Marinir.

Sebelum melaksanakan latihan, prajurit Artileri Marinir TNI AL dikenalkan dan diberi kesempatan mempelajari Meriam M777 A2 yang dimiliki USMC.

Juga ditunjukkan kecanggihan teknologi supporting arms virtual train (SAVT) yaitu simulasi peninjau depan untuk meninjau sasaran dan permintaan tembakan sampai dengan sasaran dihancurkan.

Kemudian juga dilaksanakan sinkronisasi antara prajurit Artileri Marinir kedua negara agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melaksanakan bantuan tembakan untuk satuan manuver.

Sementara itu, Mayor Marinir Aristoyuda mengatakan, pengenalan meriam M777 A2 merupakan satu diantara materi dalam Latma Rimpac 2018 tersebut.

Prajurit Marinir TNI AL bersama-sama dengan prajurit Marinir dari beberapa negara juga melaksanakan latihan helly water jump, military operation urban terain (MOUT) dan materi lainnya yang bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit dan mempererat hubungan Marinir di kawasan Asia – Pasifik.

“Dalam Rimpac 2018, selain melibatkan prajurit Marinir Amerika Serikat (USMC) dan prajurit Korps Marinir TNI AL, juga diikuti oleh pasukan pendarat dari Malaysia, Philipina, Korea Selatan, Jepang, Srilanka, Australia, Selandia Baru, Tonga dan Chili,” terang Mayor Marinir Aristoyuda Komandan Satgas Rimpac.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs