Minggu, 19 Mei 2024

Prajurit Marinir Peacekeepers di Kongo Kembali ke Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyambutan prajurit Marinir penjaga perdamaian di Kongo. Foto: Dispen Kormar

Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Tr (Han) Komandan Pasmar-1 diwakili Kolonel Marinir Nanang Saefulloh, S.E., Asisten Operasi (Asops) Danpasmar-1 memimpin upacara penyambutan Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-N Monusco Kongo TA. 2017 di lapangan apel Batalyon Zeni-1 Marinir, Kesatrian Sutedi Senaputra, Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Prajurit Pasmar-1 ini, berjumlah 8 personel terdiri dari 2 personel dari Denmako Pasmar-1, 2 personel dari Brigif-1 Mar, 1 personel dari Menbanpur-1 Mar, 1 personel dari Menart-1 Mar dan 2 personel dari Menkav-1 Mar yang dipimpin oleh Lettu Marinir Erwan Purwadi adalah bagian dari pasukan penjaga perdamaian di Republik Demokratik Kongo yang sudah bertugas kurang lebih dari satu tahun.

Dalam amanat Danpasmar-1 yang dibacakan Asops Danpasmar-1 menyampaikan bahwa kehadiran prajurit Pasmar-1 Korps Marinir di wilayah Republik Demokratik Kongo, selain merupakan komitmen Korps Marinir untuk selalu hadir disetiap palagan, juga ini merupakan amanat yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dan UU RI No 34/2014 tentang TNI.

Maka, komitmen dan amanat ini sudah diimplementasikan dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-N Monusco Kongo yang telah dilaksanakan dengan baik, lancar dan berhasil.

Penugasan tersebut, lanjutnya, merupakan suatu momen yang penting bagi Korps Marinir sebagai bagian dari TNI, karena secara politis dapat menunjukan eksistensinya di mata duni Internasional.

“Saya merasa bangga atas kemampuan dan dedikasi yang telah kalian tunjukan selama bertugas di Republik Demokratik Kongo, sehingga mendapat penghargaan dari PBB sebagai peacekeepers,” terang Danpasmar-1.

Prestasi yang telah ditorehkan, akan menambah kepercayaan dunia Internasional terhadap Indonesia, TNI dan Korps Marinir pada khususnya.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pelaksanaan tugas mulia ini sebagai pasukan PBB melaksanakan misi perdamaian di Kongo dengan baik, lancar dan berhasil. Selamat datang dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga di rumah, dan segera sesuaikan dengan kehidupan normal dan mengikuti segala aturan yang berlaku di basis,” tambah Danpasmar-1.

Usai sambutan, Asops Danpasmar-1 beserta pejabat yang hadir memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh anggota Satgas. Pada upacara penyambutan Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-N Monusco Kongo TA. 2017 tersebut, dihadiri para pejabat teras dijajaran Pasmar-1.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs