Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Lantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Agus Gumiwang Kartasasmita Resmi Dilantik sebagai Menteri Sosial di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8/2018). Foto: Setpres

Joko Widodo Presiden hari ini resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Agus Gumiwang menggantikan Idrus Marham yang hari ini (24/8/2018) mengundurkan diri dari jabatannya.

Agus Gumiwang dilantik menjadi anggota Kabinet Kerja untuk sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019 dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 148/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2014-2019.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini sebelumnya merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019.

Selepas pelantikan dan pemberian ucapan selamat, Joko Widodo Presiden menjelaskan bahwa Idrus Marham mengundurkan diri karena ingin fokus pada permasalahan hukumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Saya harus sampaikan apa adanya, saya menghargai komitmen Pak Idrus Marham yang kesatria menghadapi masalah hukum,” kata Presiden di hadapan para jurnalis.

Adapun Jokowi menilai kapasitas yang selama ini dimiliki Agus Gumiwang Kartasasmita, menjadikannya mampu mengemban tugas penting di Kementerian Sosial dalam waktu dekat ini.

“Baru siang tadi juga kita putuskan Pak Agus Gumiwang untuk menggantikan Pak Idrus karena di Kementerian Sosial ini ada hal yang sangat urgent, yaitu penanganan di Nusa Tenggara Barat. Oleh sebab itu segera kita putuskan penggantinya,” tutur Jokowi. (jos/bas)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs