Jumat, 3 Mei 2024

Presiden Menunjukkan Implementasi Program BPJS dan KIS kepada Bos IMF

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Nila F Moeloek Menteri Kesehatan, meninjau pelayanan BPJS dan KIS bersama Christine Lagarde Direktur Pelaksana IMF, di RSPP, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI, Senin (26/2/2018) siang hari ini mengajak Christine Lagarde Direktur Pelaksana Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF), mengunjungi Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.

Presiden ingin menunjukkan kepada perwakilan IMF bahwa Indonesia punya sistem yang berfungsi menjamin biaya berobat masyarakat, yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Tadi waktu pertemuan di Istana Merdeka, Madame Lagarde minta melihat sistem jaminan kesehatan di Indonesia seperti apa, pelayanannya seperti apa. Tadi sudah kita tunjukkan negara kita punya BPJS yang sudah diterima 193,1 juta orang, dan KIS 92,4 juta orang,” ujar Jokowi di RSPP, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menegaskan kepada perwakilan IMF, tidak mudah mengelola sistem jaminan sosial di Indonesia yang jumlah penduduknya banyak, dan tentunya membutuhkan dana yang banyak juga.

“Banyak negara melihat Indonesia betul-betul punya jaminan kesehatan yang gede banget. Dan fasilitasnya, sesuai komentar yang disampaikan Madame Lagarde, fasilitas kesehatan dan sistemnya bagus, fasilitas kamar perawatannya juga baik,” papar Presiden.

Sekadar diketahui, kedatangan Christine Lagarde ke Indonesia, dalam rangka melihat persiapan Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia 2018, yang akan diselenggarakan di Bali, Oktober 2018.

Selain ke Jakarta, Direktur Pelaksana IMF beserta rombongan rencananya juga akan mengunjungi Yogyakarta dan Bali. (rid/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs