Jumat, 24 Mei 2024

Presiden RI Menerima Surat Kepercayaan 13 Duta Besar Negara Sahabat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menerima Surat Kepercayaan dari Stephane De Loecker, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Kerajaan Belgia untuk Republik Indonesia, Kamis (8/11/2018), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Kepresidenan

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (8/11/2018), menerima surat kepercayaan dari 13 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) negara sahabat, yang berkedudukan di dalam (designate resident) mau pun luar Indonesia (designate non resident).

Dari jumlah itu, sembilan orang di antaranya berkedudukan di Jakarta. Sedangkan empat orang lainnya berkedudukan di luar Indonesia.

Penyerahan surat kepercayaan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, menandai dimulainya penugasan resmi para duta besar tersebut di Indonesia.

Acara kenegaraan itu dimulai dengan seremonial penyambutan di Halaman Depan Istana Merdeka. Satu per satu lagu kebangsaan negara sahabat diperdengarkan secara bergantian.

Selanjutnya, secara bertahap para duta besar menuju ruang tunggu Istana Merdeka, mengisi buku tamu sebelum menuju ruang kredensial, dan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden.

Acara dilanjutkan dengan veranda talk atau bincang santai di beranda Istana Merdeka antara Jokowi dan para duta besar tersebut.

Dalam acara penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat kali ini, Presiden didampingi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Pramono Anung Sekretaris Kabinet.

Berikut nama-nama ketigabelas duta besar negara sahabat yang hari ini diterima Joko Widodo Presiden:

1. Stephane De Loecker, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Kerajaan Belgia untuk Republik Indonesia.

2. Jari Sinkari, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Republik Finlandia untuk Republik Indonesia.

3. Marina Berg, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Kerajaan Swedia untuk Republik Indonesia.

4. Kurt Kunz, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Konfederasi Swiss untuk Republik Indonesia.

5. Olivia Leslie, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Republik Irlandia untuk Republik Indonesia.

6. Peter Schoof, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Republik Federal Jerman untuk Republik Indonesia.

7. Abdallah Suliman Abdallah Anu Romman, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Kerajaan Hasyimiah Yordania untuk Republik Indonesia.

8. Gerardo Prato, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Republik Oriental Uruguay untuk Republik Indonesia.

9. Mehmed Halilovic, Duta Besar LBBP (Designate Resident) Bosnia dan Herzegovina untuk Republik Indonesia.

10. Akua Sekyiwa Ahenkora, Duta Besar LBBP (Designate Non Resident) Republik Ghana untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia.

11. Makarimi Abissola Adechoubou, Duta Besar LBBP (Designate Non Resident) Republik Benin untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Tokyo, Jepang.

12. Martha Mavrommati, Duta Besar LBBP (Designate Non Resident) Republik Siprus untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Canberra, Australia.

13. Mayor Jenderal Lineo Poopa, Duta Besar LBBP (Designate Non Resident) Kerajaan Lesotho untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia. (rid/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
28o
Kurs