Jumat, 26 April 2024

Puluhan Ribu Jamaah Mulai Berdatangan untuk Mengikuti Sholat Ied di MAS

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Puluhan ribu jamaah mengikuti sholat Idul Fitri 1439 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (15/6/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Puluhan ribu jamaah mengikuti sholat Idul Fitri 1439 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (15/6/2018). Sekitar pukul 05.00 WIB, masyarakat sudah mulai terlihat berdatangan dan memadati ruang dalam masjid. Tepat pukul 06.00 WIB, sholat ied dimulai.

KH Abdul Hamid Abdullah Imam besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menjadi imam sholat Idul Fitri 1439 H. Sementara untuk khatib Idul Fitri, diisi oleh KH D Zawawi Imron seorang budayawan nasional. Tema khutbah yang diusung tahun ini adalah Mewujudukan Rasa Kasih Sayang.

Dalam khutbahnya, KH D Zawawi Imron mengatakan kejernihan fikiran manusia sebagai insan yang bertakwa kepada Allah SWT sangat dibutuhkan.

“Kalau kita berfikir jernih kita semakin rendah hati untuk mengakui orang-orang yang berjasa mengupayakan kebutuhan kita,” kata Zawawi, seperti yang dikutip dari naskah Khutbah Idul Fitri 1439 Hijriah.

Dengan kejernihan fikiran akan muncul penghargaan untuk memuliakan manusia. Bahwa manusia akan hidup dalam pergaulan yang sempurna, jika bisa menghargai jasa orang lain kepada dirinya.

Selain itu, dalam setiap pergaulan manusia memerlukan rasa “Ukhuwah” , yaitu rasa persaudaraan yang tulus. Upaya rasa tolong menolong, saling membantu dan membahagiakan orang lain juga dibutuhkan.

“Kita harus semakin meningkatkan rasa taqarrub kepada Allah, sampai hati bersih dari dendam, egois dan merasa benar sendiri,” tuturnya.

Agenda sholat Idul Fitri ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) Jawa Timur, juga turut hadir. Sementara Soekarwo Gubernur Jawa Timur, dikabarkan sedang berada di luar negeri. Sehingga tidak bisa menghadiri agenda Sholat Idul Fitri tahun ini bersama masyarakat Jawa Timur. (ang/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs