Sabtu, 20 April 2024

Puluhan Ribu Jamaah Sholat Ied di Masjid Al Akbar

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Puluhan ribu jamaah sholat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Puluhan ribu jamaah shalat Idul Fitri 1439 Hijriah di Masjid Al-Akbar Surabaya mulai terlihat berdatangan sekitar pukul 04.00 WIB, melalui pintu utama Gayungsari. Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar memprediksi jumlah kedatangan jamaah pagi ini mencapai 60 ribu jamaah, termasuk juga pejabat dan jajaran forkopimda.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, beberapa jamaah yang datang terlihat membawa persiapan alas untuk sholat, mulai dari tikar, koran hingga plastik. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi, apabila keadaan di dalam masjid sudah penuh dan jamaah sholat di halaman masjid.

Sementara itu, hingga pukul 05.30 WIB para jamaah sholat ied semakin banyak yang berdatangan, terutama dari arah timur Jalan Gayungsari, kondisi jalan cukup padat. Banyak kendaraan seperti mobil yang memilih memarkir kendaraannya jauh 500 meter sebelum area masjid. Kemudian mereka berjalan menuju masjid.

Petugas Dishub dan kepolisian juga turut membantu para jamaah mengarahkan lokasi parkir dan mengamankan arus lalu lintas di area masjid. Selain itu, beberapa petugas lainnya juga terlihat standby di area masjid, seperti petugas PMI, pemadam kebakaran, linmas dan masih banyak lagi.

Sholat Idul Fitri akan dimulai tepat pukul 06.00 WIB, yang akan dipimpin oleh KH Abdul Hamid Abdullah Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Sedangkan untuk Khatib sholat yaitu KH. D. Zawawi Imron seorang budayawan nasional yang akan menyampaikan khutbah dengan tema “Mewujudkan Rasa Kasih Sayang”. (ang/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs