Jumat, 26 April 2024
Info Mudik

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Malam ini

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ratusan kendaraan mengantre untuk memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (9/6/2018). Foto: Antara.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Sabtu (9/6/2018) malam ini. Menurut Djoko Sasono Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, hari ini salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan.

“Tahun ini diprediksi akan ada beberapa puncak arus mudik. Hasil survei, hari ini salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan,” ujar Djoko usai melepas peserta mudik gratis di Monas, Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Dia menambahkan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah mampu menggeser pilihan waktu keberangkatan mudik bagi masyarakat.

“Dengan adanya waktu libur yang cukup panjang, saya harap masyarakat dapat memilih waktu untuk mudik agar perjalanan nyaman,” katanya dilansir Antara.

Djoko juga mengatakan Kemenhub telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai peningkatan dan penambahan baik sarana maupun prasarana untuk menciptakan mudik yang selamat, aman dan nyaman.

“Insya Allah mudik tahun ini lebih baik dari tahun 2017,” katanya.

Selain itu, Ia menilai masyarakat sudah bijak dalam memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, sehingga kenaikannya mencapai 50 persen dari tahun sebelumnya.

Mudik gratis Kemenhub dengan moda darat meliputi angkutan bus dan truk serta angkutan kapal penyeberangan.

Pada moda bus total 1.130 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 48.905 orang dan 70 truk dengan jumlah sepeda motor yang diangkut sebanyak 2.837 motor. Jumlah kota tujuan yang dilayani yaitu 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sedangkan untuk moda penyeberangan meliputi tiga kapal penyeberangan dengan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.000 orang dan 500 sepeda motor.

Adapun rute pelayanan yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Lampung dan Jakarta-Surabaya. (ant/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs