Jumat, 29 Maret 2024

Recovery Sudah Jalan, Kapolda Minta Pergerakan Tanah di Raya Gubeng Dicek Lagi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim di sekitar lokasi amblesnya Raya Gubeng pada Minggu (23/12/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim meminta Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mendata dan mengecek kondisi rumah di sekitar lokasi Jalan Raya Gubeng yang ambles seperti tanda-tanda khusus keretakan bangunan, pergerakan tanah, atau dampak lain yang ditimbulkan peristiwa jalan ambles.

“Kalau memang ada, kami akan memberikan warning (peringatan, red) kepada masyarakat agar waspada. Kalau perlu, kami akan meminta mereka untuk bergeser (mengungsi, red),” ujar Kapolda ditemui di sekitar lokasi amblesnya Raya Gubeng, Minggu (23/12/2018).

Meski demikian, pada kesempatan itu, dia memuji kinerja Pemkot Surabaya yang telah melakukan upaya recovery (pemulihan) jalan yang menjadi salah satu akses utama itu. Menurutnya, proses recovery sudah berjalan dengan baik.

Dia hanya mengingatkan, agar semua pihak mewaspadai potensi jebolnya dinding sebelah barat. “Kami panggil lagi ahli untuk meyakinkan jangan sampai dinding yang masih berdiri ini malah ambrol,” katanya.

Sebelumnya, Muji Irmawan Ketua Tim Ahli Bangunan Gedung dari Pemkot Surabaya menegaskan, area di sekitar lokasi jalan ambles di Jalan Raya Gubeng masih cukup aman.

Dia menyatakan ini setelah melakukan penelitian bersama tim gabungan Polri dan Pemkot Surabaya sehari setelah peristiwa amblesnya Jalan Raya Gubeng, Rabu (19/12/2018).

Menurutnya, bangunan-bangunan lain di sekitar lokasi kejadian tidak terjadi masalah. Sebab, menurutnya, bangunan-bangunan itu dikontrol setiap hari dan bangunannya dia nyatakan cukup aman.(bas/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs