Senin, 29 April 2024

Risma Diundang Raja Salman Jadi Pembicara di Arab Saudi

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat melakukan bersih-bersih di kawasan pasar Keputran. Foto: Istimewa.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya diundang Salman bin Abdul Aziz al-Saud Raja Arab Saudi. Risma diundang secara khusus oleh Raja Salman dalam acara internal kerajaan Arab Saudi.

Risma mengatakan, dalam undangan tersebut dirinya diminta hadir pada 9-10 Mei di kota Madinah. Risma akan menjadi pembicara dalam sebuah konferensi tentang Memanusiakan Kota.

“Ya, saya diundang sebagai pembicara oleh Raja Salman di Kota Madinah pada tanggal 9-10 Mei 2018,” ujar Risma di Balai Kota Surabaya, Kamis (5/4/2018).

Risma mengatakan, poin utama yang akan disampaikan di hadapan Raja Salman nanti adalah tentang berbagai hal yang telah dia capai di Kota Surabaya, di antaranya bagaimana menangani dan melayani orang miskin, serta menata kota.

Risma juga belum mengerti alasan Raja Salman mengundangnya sebagai pembicara. Dia hanya menduga mungkin karena mendengar nama Risma di forum-forum internasional selama ini.

“Mungkin tamu-tamu luar negeri yang pernah berkunjung ke Surabaya banyak bercerita tentang profil Surabaya dan profil saya sendiri,” ujar Walikota Risma.

Risma menegaskan, jika selama melakukan kunjungan ke luar negeri untuk menjadi pembicara tidak pernah mengeluarkan uang perjalanan dinasnya. Bahkan, Dia mengungkapkan anggaran perjalanan dinas saat ini yang mencapai Rp 7 Miliar lebih banyak digunakan untuk keperluan pembangunan bidang pendidikan.

“Saya sering diundang dan itu tidak pernah membayar, karena semua biaya mereka yang tanggung. Sebelum saya jadi Walikota, anggaran perjalanan dinas mencapai Rp 40 Miliar dan sekarang menjadi Rp 7 Miliar tidak pernah saya pakai, lebih banyak saya berikan untuk anak-anak (pendidikan, red),” kata Risma. (bid/rst)

Teks Foto:
– Undangan resmi dari Raja Salman Arab Saudi yang diterima Tri Rismaharini Walikota Surabaya. Foto: Istimewa.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs