Jumat, 29 Maret 2024

Ruang Tenaga Ahli BKSAP di Gedung DPR RI Terbakar

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Petugas Pamdal dan Pemadam Kebakaran bergerak cepat menangani kebakaran di Ruang Tenaga Ahli BKSAP di Gedung DPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Ruang Kerja Tenaga Ahli Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) yang berada di lantai 4 Gedung Nusantara III DPR RI, Sabtu (3/2/2018) sekitar pukul 07.40 WIB terbakar.

Kebakaran ruangan yang berada di pojok sisi utara berukuran 3×4 meter ini tidak sampai merembet ke ruangan lain, karena petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR RI dan Pemadam Kebakaran langsung bertindak cepat.

Damayanti Plt. Sekjen DPR Damayanti juga langsung ke lokasi untuk meninjau lokasi kebakaran tersebut.

Dia mengapresiasi kesigapan petugas Pamdal dan Pemadam Kebakaran yang bergerak cepat menangani kebakaran tersebut hingga tidak merembet ke ruangan lainnya.


Ruang Tenaga Ahli BKSAP di Gedung DPR RI terbakar, Sabtu (3/2/2018) pagi. Foto: Faiz suarasurabaya.net

“Kebakaran bisa cepat diatasi dalam hitungan menit dengan alat pemadam api ringan (APAR) oleh petugas Pamdal yang lebih dulu merespon bunyi alarm dibantu Petugas Pemadam Kebakaran di lingkungan DPR RI,” ujar Damayanti.

Kata dia, dari laporan petugas Pamdal sistem alarm di lantai 4 berbunyi dan bekerja dengan baik, sehingga cepat direspon oleh petugas Pamdal dengan memecahkan akses pintu kaca yang terkunci dengan tabung APAR.

“Tidak ada dokumen penting yang terbakar, sudah saya tanyakan ke Karo KSAP dokumen yang ada di ruangan tersebut hanyalah bahan-bahan yang akan dipakai rapat BKSAP,” kata Maya panggilan akrab Damayanti.

Mengenai penyebab utama kebakaran, Maya meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan forensik pihak kepolisian.‎

Belajar dari kasus kebakaran tersebut, Damayanti mengimbau semua karyawan di lingkungan DPR RI setiap selesai bekerja terlebih jika hari libur untuk mematikan dan mencabut semua peralatan listriknya sebagai upaya preventif mencegah dari bahaya kebakaran akibat korsleting listrik.

Sementara informasi yang dihimpun suarasurabaya.net, kebakaran diduga akibat Dispenser kosong, tetapi masih tersambung listrik, sehingga menyebabkan panas dan terjadi korsleting.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs