Minggu, 5 Mei 2024

SMA NSA Ajak Pelajar Taiwan Membatik Bersama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelajar dua negara, Indonesia dan Taiwan membatik bersama. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan pelajar Yuan Lin Senior High School, Taiwan, Selasa (13/11/2018) kunjungi SMA Nation Star Academy (NSA) Surabaya, sebagai bagian dari program students exchange. Pertukaran pelajar ini ditandai berbagai kegiatan, diantaranya membatik bersama-sama.

Kunjungan sekolah menengah atas dari Taiwan ini disambut dengan penampilan para siswa-siswi SMA NSA yang menghadirkan beberapa hiburan seperti atraksi Wushu, lalu dilanjutkan dengan beberapa seremonial penyambutan lainnya.

Sonya Francien Kalengkongan SS., M.Pd., Principal SMA NSA, menyampaikan bahwa kunjungan dalam kaitannya dengan pertukaran pelajar atau students exchange sangat memberikan manfaat bagi siswa-siswi masing-masing sekolah.

“Masing-masing sekolah bisa melihat dan mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan, khususnya ditingkat senior high school. Karena masing-masing sekolah memiliki kelebihan, dan masing-masing sekolah terutama siswanya mendapat pengalaman baru,” terang Sonya Francien.

Usai pelaksanaan penyambutan, masing-masing sekolah saling bertukar cinderamata yang mewakili masing-masing lembaga pendidikan. Tidak hanya itu, masing-masing sekolah juga berharap kunjungan berlanjut dengan kerjasama dibidang pendidikan.

Kegiatan kunjungan ke SMA NSA ini dipuncaki dengan kegiatan membatik bersama yang melibatkan pelajar dari masing-masing sekolah. Terlebih dahulu kepada para pelajar dua negara dijelaskan tentang Batik.

Selanjutnya, para pelajar bersama-sama membatik.

“Harapannya semoga melalui kegiatan seperti ini, para siswa dari Taiwan ini juga mengenali budaya asli Batik, yang sudah terlebih dahulu dijelaskan tadi,” pungkas Sonya.(tok/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs