Minggu, 5 Mei 2024

SNMPTN 2018 Segera Digelar, Berikut Tahapannya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi, suasana tes jalur madiri di Kampus B Unair Surabaya. Foto: Dok suarasurabaya.net

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 akan segera digelar dengan beberapa tahapan.

Suko Widodo Dosen Komunikasi Unair mengatakan, pada 13 Januari-10 Februari 2018 akan dimulai dengan proses pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Setelah didapat nomor, maka siswa boleh mulai mendaftar tanggal 21 Februari sampai 6 Maret 2018,” kata Suko kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (17/1/2018).

Di sela-sela pendaftaran, kata dia, Universitas Airlangga akan menggelar open house selama 3 hari mulai 22-25 Februari 2018 di kampus C Mulyorejo, Surabaya.

Open house akan ditujukan bagi siswa, guru maupun orang tua siswa yang ingin konsultasi bidang kuliah apa yang cocok untuk anak didiknya. Kami undang seluruh sekolah di Indonesia untuk kirim guru dan siswanya datang ke open house ini,” ujar dia.

Pelaksanaan SNMPTN 2018 ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, yang dikirim adalah rapor semester 1-5. Hanya saja untuk hasil ujian tidak dimasukkan.

Semua proses pendaftaran SNMPTN, kata dia, dilakukan serba online. Sebelumnya, sekolah dan guru juga sudah memperoleh penjelasan terkait tata cara untuk mendaftar via online.

Untuk pendaftaran, sekolah yang akreditasinya A atau unggulan mendapatkan jatah 50 persen. Sedangkan sekolah yang akreditasi B sebanyak 30 persen, akreditasi C sebanyak 10 persen dan sekolah yang belum terakreditasi 5 persen.

“Semua sekolah ada jatahnya. Biasanya guru BK yang akan membimbing,” ujar dia.

Jika masyarakat ingin mengetahui tahapan-tahapan SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, teknis, jadwal, apa yan diseleksi maupun persyaratan bisa akses di www.snmptn.ac.id.

“Untuk antisipasi drop di sistem online, tentu kita akan lebih prepare dan lebih siap. Selain menyiapkan perangkat teknologi, sejumlah mahasiswa kita latih untuk pelatihan siswa-siswa agar mereka lebih tahu persis terkait hak dan kewajiban,” katanya. (dwi/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs