Minggu, 19 Mei 2024

STIE Perbanas Surabaya Raih Apresiasi Penerapan SPMI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Herman Halim (kiri) ketua Yayasan Perbanas bersama Dr. Lutfi, M.Fin., Ketua STIE Perbanas Surabaya (kanan). Foto: Humas STIE Perbanas Surabaya

Pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2018 di Pekanbaru, Riau, STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Perbanas Surabaya raih Apresiasi Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Kampus STIE Perbanas Surabaya menjadi satu-satunya Sekolah Tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan Tata Kelola Perguruan Tinggi dengan kategori Baik Sekali.

Perguruan tinggi yang mendapatkan apresiasi tersebut tidak banyak, hanya 10 kampus saja.

Dr. Lutfi, M.Fin., Ketua STIE Perbanas Surabaya, mengatakan pencapaian kampus bisnis dan perbankan ini juga tidak lepas dari peran Pusat Penjaminan Mutu (PPM).

Penerapan standar mutu STIE Perbanas Surabaya dilakukan sejak tahun 2007 dan selalu menyesuaikan perkembangan pendidikan tinggi serta pembaharuan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi.

Ditahun 2017, STIE Perbanas Surabaya mengimplementasikan SPMI sesuai Peraturan Menristekdikti Republik Indonesia No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

“STIE Perbanas Surabaya juga telah sepenuhnya menerapkan 29 standar mutu internal dari 24 standar minimal yang ditetapkan oleh BAN-PT,” terang Lutfi.

Disamping itu, lanjut Lutfi, STIE Perbanas Surabaya dipercaya oleh Kemenristekdikti Republik Indonesia mengasuh perguruan tinggi yang masih terakreditasi C.

STIE Perbanas Surabaya di tahun 2007 mengasuh 2 universitas, yakni Universitas Dayanu Ikhsanuddin Bau Bau Sulawesi dan Universitas Islam Madura.

Di tahun 2018, melalui Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul, STIE Perbanas Surabaya kembali dipercaya untuk mengasuh 3 universitas, di antaranya: Universitas Pawyatan Daha Kediri, Universitas Wahidiyah Kediri, dan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram Nusa Tenggara Barat.

“Dalam kegiatan program asuh, STIE Perbanas Surabaya menekankan pada kegiatan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Tata Kelola Program Studi,” pungkas Lutfi, Rabu (15/8/2018).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs