Jumat, 26 April 2024

Sail Moyo Momentum Bangkitkan NTB Pasca Gempa

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Foto: lombokinsider

Pelaksanaan Sail Moyo Tambora 2018 yang dipusatkan di Pulau Sumbawa akan dijadikan momentum kebangkitan sektor pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca empa bumi beruntun yang mengguncang daerah itu.

“Ini sebuah momentum menjadikan NTB, Lombok-Sumbawa, bangkit kembali setelah bencana gempa bumi,” kata Arif Toha Tjahjagama Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Mataram seperti dilansir Antara, Kamis (30/8/2018).

Ia menegaskan, Kemenhub memberikan perhatian khusus untuk kegiatan ini. Hal ini berkaitan dengan wisatawan mancanegara (wisman) yang akan datang mayoritas menggunakan kapal pesiar ke perhelatan besar ini.

Apalagi NTB merupakan tujuan wisata di Indonesia. Karenanya, menurut dia, untuk mempersiapkan kegiatan ini seluruh kementerian dan daerah ikut dilibatkan.

“Kami harap ini menjadi sail yang tersukses dari Sail Moyo Tambora sebelumnya,” katanya.

Arif menjelaskan, sebanyak 140 kapal yacht dipastikan akan mengikuti pelaksanaan Sail Moyo Tambora yang dilaksanakan di Teluk Saleh, Kabupaten Sumbawa, Hubbul Wathan, pada 9-23 September 2018.

Sementara itu, Lalu Moh Faozal Kepala Dinas Pariwisata NTB mengungkapkan, hingga saat ini seluruh persiapan event Sail Moyo Tambora sudah mencapai 90 persen, dimulai dari pembukaan hingga penutupan kegiatan.

“Semua sudah siap. Kalau pun masih ada, tinggal pembenahan dikit-dikit,” katanya.

Lalu Moh Faozal menyebut, event Sail Moyo Tambora ini merupakan ajang kebangkitan wisata di daerah itu di tengah musibah gempa bumi yang mengguncang Pulau Lombok dan Sumbawa.

“Kami tahu recovery pasca gempa bumi penting, tetapi membangkitkan pariwisata NTB setelah gempa ini juga harus kita lakukan, sehingga kita tidak hanya terpaku walau di tengah sepi wisatawan,” katanya. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs