Sabtu, 27 April 2024
Memburu Komplotan Pencuri L300

Satu Pelaku Diringkus, Polisi Menduga Pemimpinnya Pemain Lama

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Salah satu kasus penghentian pencurian L300 oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya di Jembatan Suramadu tahun 2016. Foto: Istimewa.

Polisi menangkap seorang diduga pelaku pencurian mobil L300 yang selama ini menjadi buron. Polisi mengungkap kasus ini dengan modal rekaman CCTV saat mereka beraksi di pergudangan kawasan Sidoarjo bulan lalu.

Iptu Bima Sakti Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, sampai saat ini sudah ada seorang pelaku yang berhasil ditangkap. Namun, pihaknya enggan membeberkan identitas pelaku. Sebab, polisi masih melakukan pengembangan dan pelaku tersebut akan menjadi kunci untuk menangkap pelaku lainnya, yang masih berkeliaran.

“Kelompok ini dikendalikan oleh pemain lama. Sampai saat ini, sudah kami amankan satu pelaku, dan akan terus kami kembangkan. Tunggu saja, nanti kami informasikan lagi,” kata Bima, Sabtu (15/9/2018).

Bima menambahkan, saat ini pihaknya sudah mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengejaran. Personel resmobe telah disebar ke beberapa lokasi di Surabaya dan sekitarnya. Dari data penyelidikan, kelompok ini bukan hanya beraksi di Surabaya saja, tetapi juga kerap di wilayah Sidoarjo, Gresik, Malang, dan Batu.

“Beberapa anggota dari kelompok itu, kata dia, tidak hanya selalu mengincar mobil L300. Tapi juga sering melakukan curanmor,” kata Bima.

Dari data Polisi, kelompok ini telah beraksi di Surabaya dan berhasil mencuri 4 unit mobil L300. Di antaranya TKP Pakal (mobil L300 N 8596 CA), wilayah Benowo (L300 L 9196 WA), wilayah Bubutan (L300 B 9461 UCS) serta wilayah Tandes (L300 AE 8601 SH).

Polisi mengendus, kelompok ini ditengarai sudah beraksi selama 3 bulan terakhir.

Sekadar diketahui, kasus pencurian mobil niaga berjenis L300 kembali kambuh di Surabaya. Setelah sempat tiarap karena jaringan ini dihabisi semasa AKBP Shinto Silitonga sebagai Kasatreskrim tahun 2016 lalu.

Kali ini, Polisi tak mau kecolongan. Mereka terus mempersempit pergerakan sisa-sisa kelompok spesialis pencuri mobil niaga yang cukup meresahkan ini. Bermodal rekaman CCTV yang berhasil didapatkan dari lokasi pencurian di kawasan Sidoarjo, polisi telah mengantongi ciri sekaligus jumlah keloimpok ini saat beraksi.

Polisi memperkirakan, kelompok ini berjumlah sekitar 4 orang. Mereka sering menyasar pada area pergudangan, yang di dalamnya terdapat mobil L300. Hanya dengan waktu 2 hingga 3 menit, mereka berhasil mencuri mobil L300 yang selama ini menjadi sasaran utama.(ang/bid)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs