Rabu, 1 Mei 2024

Sebanyak 95 Persen Penginapan Ludes Jelang Dieng Culture Festival 2018

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Dieng Culture Festival 2016. Foto: Pinterest

Wisatawan dari berbagai daerah mulai memesan penginapan menjelang pergelaran ‘Dieng Culture Festival (DCF) IX Tahun 2018’ pada 3-5 Agustus mendatang.

“Bahkan, dari sekitar 200 homestay atau rumah sewa di Desa Dieng Kulon, sekitar 95 persen sudah dipesan wisatawan,” kata Pandawa Alif Faozi Ketua Kelompok Sadar Wisata Dieng di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin (16/7/2018).

Ia mengakui banyak wisatawan yang menanyakan masalah akomodasi khususnya penginapan yang menjadi permasalahan setiap tahun terutama saat pergelaran DCF.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya memberikan alternatif berupa lahan perkemahan atau camping ground yang bisa menampung lebih dari 500 tenda dan akan diupayakan ada penambahan jika belum mencukupi.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan juga dapat menyewa kamar di rumah-rumah penduduk yang sementara ini belum dijadikan sebagai homestay namun siap disewakan.

Terkait dengan biaya sewa kamar di rumah-rumah warga, dia mengatakan pihaknya telah meminta kepada para perantara agar harga sewanya di bawah tarif rumah sewa resmi.

“Kalau homestay resmi memang ada kenaikan sekitar 25 persen hingga maksimal 50 persen, misalnya yang biasanya Rp150 ribu per kamar bisa dinaikkan hingga tertinggi Rp225 ribu per kamar,” katanya.

Ia mengatakan beberapa rumah warga yang tergolong mewah namun belum dijadikan homestay resmi disarankan dalam memasang tarif tidak melebihi biaya sewa homestay kelas utama.

Menurut dia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara juga akan menggelar pertemuan dengan desa-desa wisata di sekitar Desa Dieng Kulon terkait dengan penyediaan homestay untuk melayani wisatawan saat pergelaran DCF. Salah satunya berada di Dusun Pawuan, Desa Karangtengah, yang berjarak sekitar 2 kilometer dari lokasi kegiatan.

“Rumah-rumah warga dusun itu bagus-bagus dan sempat ada pembinaan homestay, namun belum populer. Semoga wisatawan yang belum mendapatkan tempat untuk menginap, dapat memperoleh info penginapan di desa terdekat,” katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya lonjakan tarif rumah sewa yang melampaui batas kewajaran seperti saat DCF VIII Tahun 2017, Alif mengakui jika pihaknya banyak menerima keluhan tersebut secara langsung maupun melalui media sosial.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya tidak bisa memberikan teguran karena rumah sewa yang memasang tarif sangat tinggi itu berada di luar Desa Dieng Kulon.

“Itu terjadi di luar Desa Dieng Kulon, sehingga bukan kewenangan kami,” katanya.

Terkait hal itu, dia mengharapkan Dinparbud Banjarnegara untuk memberikan pembinaan terhadap para pemilik rumah sewa agar tidak menaikkan tarif terlalu tinggi.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs