Jumat, 26 April 2024

Sehatkan Masyarakat Lewat Festival Kampung Berseri Astra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Nina F. Moloek Menteri Kesehatan (dua dari kanan) saat membuka Festival KBA di Denpasar, Bali. Foto: Humas PT Astra International Tbk

Meriahkan Hari Kesehatan Nasional, PT Astra International Tbk gelar kegiatan, Senin (26/11/2018) di Denpasar, Bali yaitu Festival Kampung Berseri Astra (KBA) Kesehatan, dan SATU Indonesia Run di BSD City, Tangerang.

Festival KBA ini dihadiri Nila F. Moeloek, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, bersama Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk., serta Muspida dan Muspika Denpasar.

Dalam Kesempatan ini Menkes Nila juga memberikan arahan mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang juga diterapkan Astra sebagai pembagian lokasi acara Festival KBA.

Festival KBA Kesehatan dibuka dr. I Ketut Suarjaya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, didampingi Riza Deliansyah Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk dan Haris Prasetya Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Bali.

Denpasar merupakan kota kelima pelaksanaan Festival KBA dan merupakan kota terakhir pada tahun ini setelah sebelumnya di Bogor, Kupang, Banjarmasin dan Semarang.

Kegiatan Festival KBA Kesehatan dibagi menjadi 3 bagian, di antaranya Germas 1 yaitu kegiatan Parade Astra Jalan Sehat yang diikuti oleh 150 peserta yang merupakan masyarakat dan karyawan Grup Astra Bali dengan rute Kantor ACC cabang Renon dan berakhir di Lapangan Bajra Sandi Renon.

Ada juga zumba party yang diikuti 200 peserta. Selain itu juga ada lomba permainan tradisional deduplak, lari bakiak dan lari balok yang ditutup dengan kegiatan demo pencak silat.

Germas 2 menitikberatkan pada pemeriksaan kesehatan, donor darah serta pengobatan gratis bekerja sama dengan tim Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, sedangkan Germas 3 meliputi kegiatan Aksi Makan Pisang saat car free day berlangsung dan pembagian 1.000 paket makanan sehat dari healthy food trucks.

Menteri kesehatan Nila pada sambutannya menekankan komitmen pentingnya peningkatan kesehatan melalui KBA.

“Menyehatkan masyarakat Indonesia perlu diapresiasi, karena dengan kita sehat masyarakat jadi lebih produktif. Masyarakat yang produktif membuat kampung- kampung di Indonesia menjadi lebih produktif dan sehat. Program KBA dapat menjadi model bagi kampung-kampung lain di Indonesia,” terang Nila.

Selain beberapa acara diatas Festival KBA, pada Senin (26/11/2018) juga dimeriahkan Astra Untuk Indonesia Sehat Talkshow menghadirkan nara sumber diantaranya Kepala BNN Komjen Pol. Heru Winarko, Ketua YKPI Linda Agum Gumelar, serta Andy F. Noya.

“Kesehatan merupakan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra. Pengembangan pilar kesehatan dalam KBA diharapkan dapat memberikan kontribusi yang postif bagi masyarakat dalam suatu kampung bahkan desa. Ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” kata Pongki Pamungkas.

Kampung Berseri Astra merupakan wujud nyata kontribusi sosial berkelanjutan Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk mewujudkan desa maju, mandiri dan sejahtera, Grup Astra kini memiliki 77 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan juga 300 Desa Sejahtera Astra di 100 kabupaten di Indonesia.

Sejalan dengan pelaksanaan Festival KBA Kesehatan di Bali, komunitas pelari di Grup Astra, yakni Astra Runners gelar SATU Indonesia Run di Astra Biz Center BSD City, Tangerang, yang diikuti 2.000 pelari.

Berbeda dari acara tahun sebelumnya, lomba lari tahunan Astra Runners ini menambah jarak tempuh lomba dari funwalk 3 kilometer menjadi 5 kilometer dan lari dari 6 kilometer menjadi 10 kilometer. Kali ini juga mengundang lebih dari 35 komunitas yang terdiri dari 100 pelari.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs