Jumat, 3 Mei 2024

Semarak Indonesia Pada Resepsi Diplomatik di Wellington

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Resepsi Diplomatik dalam rangka perayaan HUT ke 73 Kemerdekaan Indonesia di KBRI Wellington, Rabu (29/8/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Resepsi Diplomatik dalam rangka perayaan HUT ke 73 Kemerdekaan Indonesia berlangsung semarak dan meriah tadi malam di KBRI Wellington, Rabu (29/8/2018). Suasana Full Indonesia mewarnai seluruh rangkaian acara dari awal hinggu akhir.

Musik Rindik Bali yg dimainkan oleh warga Selandia Baru yakni Rupert Snook, mahasiswa S2 Victoria University menyambut tamu-tamu yang berdatangan yang diterima langsung oleh Tantowi Yahya Dubes Indonesia untuk Selandia Baru dan Dewi Yahya Istri di Ruang Papua.

Tamu dan undangan kemudian diarahkan ke Ruang Bali, tempat dimana acara dilangsungkan. Dalam dekorasi ruangan yang khas Bali, undangan diajak menikmati atmosfir khas Pulau Dewata yang anggun dan magis. Kurang lebih 200 undangan yang terdiri dari wakil pemerintah, anggota parlemen, korps diplomatik, kalangan kampus, pelaku usaha dan sahabat Indonesia hadir tadi malam.

Acara dibuka dengan Tarian Bali, Topeng Tua yang ditarikan secara tunggal oleh I Made Kartawan, pelatih Gamelan di Lincoln University, Christchurch. Dalam sambutannya Tantowi menyampaikan bahwa Selandia Baru adalah sahabat sejati Indonesia. Negara ini adalah satu dari negara-negara yang di awal kemerdekaan kita mengakui Indonesia sebagai negara baru yang merdeka dan berdaulat.

Hubungan bilateral kedua negara terus mengalami peningkatan di semua bidang. Neraca perdagangan meningkat dari NZ$ 1.6 Miliard tahun lalu ke NZ$ 2 Miliard tahun ini. Jumlah wisatawan juga meningkat dari 75.000 tahun lalu ke 125.000 orang sampai dengan pertengahan tahun ini.

Secara khusus, Tantowi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Selandia yang kembali secara tegas mengakui Papua sebagai bagian tak terpisahkan NKRI, sebagaimana diucapkan oleh Winston Peters Wakil PM yang juga adalah Menteri Luar Negeri.

Ben E King, wakil sekretaris kelompok negara Amerika dan Asia Kementrian Luar Negeri dan Perdagangan yang mewakili Pemerintah Selandia Baru menyampaikan duka cita atas bencana gempa bumi di Lombok yang telah banyak memakan korban jiwa diawal sambutannya.

Pemerintah Selandia Baru mengapresiasi kunjungan Presiden Jokowi ke Wellington bulan Maret lalu yang telah banyak membuat dampak dan kemajuan dalam konteks hubungan bilateral kedua negara. Acara formal ditutup oleh lagu “Rayuan Pulau Kelapa” yang dinyanyikan oleh Dubes Tantowi beserta seluruh staff KBRI yang tampil keren dalam busana tradisional dari seluruh Indonesia.

Setelah acara formal, undangan kemudian diajak ke Ruang Mataram dan Ruang Sriwijaya untuk menikmati aneka snack khas Indonesia seperti Lapis Surabaya, Onde-Onde Betawi, Kumbu Palembang, Wajik, Risoles dan Ketan Bumbu. Serta sajian Kopi dan Coklat Panas dari Jawa Barat, Flores dan Bali.

“Di resepsi kali ini, kami memang menampilkan budaya Indonesia secara total, dari mulai musik, pakaian sampai dengan makanan dan minuman. Ini untuk melengkapi KBRI Wellington yang sudah menjelma menjadi Rumah Indonesia (The House of Indonesia)” jelas Tantowi Yahya.(faz/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs