Sabtu, 27 April 2024

Semburan di Jalan Raya Porong Lama karena Kebocoran Pipa PDAM

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Semburan air akibat kebocoran pipa PDAM di Jalan Raya Porong Lama, Kamis (15/11/2018), pukul 13.00 WIB. Foto: Istimewa

Dari salah satu ruas di Jalan Raya Porong Lama keluar semburan cairan Kamis (15/11/2018). Sejumlah warga mengabadikan peristiwa yang diperkirakan terjadi pukul 13.00 WIB ini menjadi video.

Tepatnya di Jalan Raya Porong lama, di selatan Desa Ketapang (Tol Putul), Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, semburan itu ditemukan oleh warga. Sebagian pengendara, dalam video yang banyak diunggah warganet dan menyebar di grup pesan internet WhatsApp, mengerumuni semburan itu.

Hengki Listia Adi Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), menegaskan bahwa itu bukan semburan lumpur. Semburan itu adalah air yang disebabkan adanya kebocoran pipa PDAM di bawah jalan.

“Itu (semburan air, red) karena pipa PDAM bocor, wilayah situ kan dekat dengan PDAM,” kata Hengki kepada suarasurabaya.net.

Dia menampik bila penyebab kebocoran ini karena adanya penurunan tanah. Dugaan sementara, kata dia, karena pipa PDAM sudah terlalu tua dengan perkiraan berusia 90 tahunan.

Saat ini, pihak PDAM sudah melakukan penutupan aliran air melalui pipa. Selanjutnya, penanganan akan dilanjutkan dengan perbaikan pipa.

Petugas mencoba meminum air dari kebocoran pipa yang tidak memiliki kandungan berbahaya. Foto: Istimewa

Pihak PPLS juga telah melakukan pengecekan kualitas air dan tidak menemukan adanya bubble yang berbahaya. “Segar (airnya, red), aman diminum,” kata Hengky.(tin/den)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs