Senin, 6 Mei 2024

Serentak Hari Ini Siswa SMA/MA Jatim Menjalani UNBK

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ujian siswa berbasis komputer (UNBK). Foto: dok. suarasurabaya.net

DR. Saiful Rachman Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur mengatakan, hari ini, Senin (9/4/2018) ada 172.102 siswa SMA dan 100.237 MA serentak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dia mengatakan, jika tahun lalu UNBK masih terkendala sekolah di pulau dalam pelaksanaannya. Namun, untuk tahun ini wilayah Jatim semua sekolah sudah bisa 100 persen melaksanakan UNBK serentak.

Untuk tahun ini sistem UNBK tidak mengalami perubahan, semua tetap sama untuk tahun lalu maupun sekarang. Hanya saja tiap soal berbeda di masing-masing komputer.

“Kita di Jatim buat inovasi, karena jelas sudah satu soal tidak sama dengan yang lain. Kita gunakan cctv untuk pengawasannya, Proktor dan pengawasannya dari luar, agar para peserta tetap tenang dalam pengerjaan soal,” ujarnya menjelaskan kepada Radio Suara Surabaya perihal inovasi yang diterapkan Jatim di UNBK tahun ini.

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini UNBK terdapat soal isian singkat, pengerjaannya diketik langsung melalui komputer terebut.

Perihal masalah kendala, dia menjelaskan pihak provinsi sudah melakukan MOU dengan PLN jaringan provinsi.

“Tapi teman-teman cabang Dinas selalu saya minta untuk koordinasi dengan PLN cabang daerah untuk berjaga-jaga kalau lah ada kendala nantinya. Pengalaman kemarin SMK ada yang padam sampi 5 menit, tapi langsung ditangani oleh PLN,” jelasnya.

Seperti diketahui para siswa SMA/MA hari ini 9 April hingga 12 April 2018 mendatang akan serentak mengikuti UNBK. Sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan tanggal 17-18 April 2018. (ino/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs