Senin, 6 Mei 2024

Server Ditambah, UNBK SMP dan MTs Hari Kedua Lancar

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud. Foto: Dok/Jose suarasurabaya.net

Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud, mengatakan pelaksanaan UNBK SMP dan MTs hari kedua cukup baik.

Server yang menjadi kendala UNBK hari pertama kemarin, sekarang sudah teratasi, meskipun belum maksimal.

“Server yang bermasalah akibat beban yang terlalu berat, jumlahnya sudah ditambah,” kata Hamid di ruang kerjanya, Selasa (24/4/2018).

UN SMP dan MTs, diikuti 4.296.557 siswa. Dari jumlah tersebut, 63 persen ikut UNBK. Sisanya 37 persen mengikuti UN Kertas Pensil (UNKP)

Menurut Hamid gangguan pada server tidak sampai berakibat fatal, dan siswa peserta UNBK tetap bersemangat.

Gangguan pada server tersebut dikatakan sebagai kejadian situasional dan tidak berakibat fatal terhadap pelaksanaan ujian, karena waktu pelaksanaan ujian dapat dimundurkan. Misalkan gangguan terjadi sekitar 30 menit, maka pelaksanaan ujian dapat dimundurkan 30 menit juga. Yang terpenting di sini adalah siswa tidak boleh dirugikan.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan permintaan maaf sehubungan dengan kendala pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di hari pertama.

Gangguan silver UNBK hari pertama terjadi di Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Jakarta.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs