Jumat, 29 Maret 2024
Info Mudik

Shalat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya Diperkirakan Capai 60 Ribu Jamaah

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: dok suarasurabaya.net

Gubenur dan Forkompinda serta 60 ribu jamaah diperkirakan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya.

Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, untuk mengantisipasi banyaknya jamaah yang melaksanakan sholat Ied di MAS pihaknya mensiasati arus lalu lintas di lokasi.

Helmi menjelaskan, untuk menghindari kemacetan, jamaah dimohon hadir sebelum pukul 05.00 WIB.

“Para jamaah yang masuk masjid melalui pintu barat lokasi parkir berada di halaman barat masjid sisi selatan dan dilarang keras parker di pinggir jalan tol,” kata Helmi seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Sedangkan dari arah Pagesangan dan Pangesangan baru, lanjut dia, jamaah bisa langsung parkir di lapangan MAS sebelah Barat gereja. Sedangkan dari arah Ahmad Yani, Menanggal, Graha Pangeran dan Gayungsari jamaah masuk melalui pintu utara lalu parkir di lapangan MAS atau sebelah gereja.

“Kalau dari dari arah Ahmad Yani, Injoko, Gayungsari II dan depan gereja, parkir di tanah lapang barat gereja. Jika dari arah Jalan Lingkar MAS, jamaah bisa langsung parkir di area parkir MAS melalui pintu selatan depan Restoran Agis. Selain itu, jamaah juga bisa parkir di lapangan PWNU yang cukup luas,” ujar dia.

Sedangkan untuk parkir khusus bertanda stiker MAS, kata dia, masuk melalui pintu utara dan dari akses tol melalui pintu barat selatan. Sedangkan lokasi parkir ada di halaman sebelah barat MAS (samping kantor sekretariat MAS). Untuk parkir sepeda motor berada di halaman masjid sisi utara masuk pintu timur dan utara.

“Untuk kenyamanan jamaah, MAS menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang standby di ruangan dan keliling di area ibadah serta disiapkan 4 ambulance. Bagi jamaah yang menggunakan kursi roda MAS menyiapkan akses dan tempat wudlu khusus yang dipandu petugas. Lokasinya berada di gerbang timur masjid, sisi kanan untuk pria dan sisi kiri untuk wanita. MAS juga menyiapkan tiga kursi roda,” katanya.

Helmi menambahkan, Shalat Idul Fitri akan dimulai tepat pada pukul 06.00 WIB. Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya KH Abdul Hamid Abdullah akan menjadi imam Shalat Idul Fitri 1439 H. Sedangkan Khatib Idul Fitri adalah KH. D. Zawawi Imron (Budayawan Nasional) dengan tema “Mewujudkan Rasa Kasih Sayang”. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs