Minggu, 28 Februari 2021

Sholat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya Digelar Besok

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Lebih dari 10 ribu jamaah menjalankan Shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (24/9/2015). Foto: dok suarasurabaya.net

Pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan berlangsung besok, Rabu (22/8/2018), mulai pukul 06.00 WIB. Adapun yang bertindak sebagai khotib adalah KH Ahmad Mujayyid Pengasuh Pesantren Ibaddurahman Malang, dengan tema “Menyingkap Tabir Nabi Ibrahim AS sebagai Landasan Keselamatan dan Keberhasilan Hidup”.

Sedangkan untuk imam Sholat Idul Adha adalah KH Ahmad Muzakky Alhafidz Imam Rowatib Masjid Al Akbar Surabaya. Helmy M. Noor Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengatakan pelaksanaan sholat Idul Adha itu, juga akan dihadiri oleh Soekarwo Gubernur Jatim dan Forkompimda, beserta sekitar 60.000 jamaah (kapasitas maksimal).

“Persiapan sudah dilakukan. Kemungkinan besok ada sekitar puluhan ribu jamaah yang akan sholat Id di masjid terbesar kedua di Indonesia ini,” kata Helmy, Selasa (21/8/2018).

Setelah sholat Idul Adha, kata dia, akan dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI dan Soekarwo Gubernur Jatim kepada Masjid Al Akbar Surabaya. Untuk jenis sapi dari Jokowi merupakan peranakan ongole/PO, warna putih, umur 4,5 tahun dan beratnya 1.050 kilogram (1,05 ton).

“Sapi tersebut diperoleh dari Bapak Sawiyan seorang peternak asal Desa Takerharco, Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan,” tuturnya.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan berlangsung pada Kamis (23/8/2018). Distribusi daging kurban akan diserahkan kepada masyarakat, sesuai dengan data Keluarga Miskin (GAKIN) dari Kelurahan Pagesangan dan Gayungan. Serta pengajuan dari lembaga sosial yang sudah diverifikasi.

Helmy menambahkan bahwa tidak ada pembagian kupon maupun pembagian daging qurban di lokasi Masjid Al Akbar Surabaya. Panitia justru akan mendatangi langsung masyarakat penerima daging kurban. (ang/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Minggu, 28 Februari 2021
26o
Kurs